Pengembangan modul Kimia SMA berbasis strategi react dengan melibatkan multipel representasi pada materi larutan penyangga / Ineke Dahlia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Kimia SMA berbasis strategi react dengan melibatkan multipel representasi pada materi larutan penyangga / Ineke Dahlia

Dahlia, Ineke (2023) Pengembangan modul Kimia SMA berbasis strategi react dengan melibatkan multipel representasi pada materi larutan penyangga / Ineke Dahlia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Larutan penyangga adalah materi kimia yang sebagian besar materinya berisikan konsep yang abstrak. Konsep abstrak pada kimia dapat menyebabkan anak didik merasa kesulitan saat memahami materi kimia. Namun konsep abstrak dapat dijelaskan dengan multipel repesentasi yang terbagi menjadi makroskopik submikroskopik dan simbolik. Multipel representasi akan sistematis jika digabungkan dengan strategi pembelajaran yang sesuai menurut Kemendikbud seperti strategi yang berbasis aktivitas dan dekat dengan fenomena alam contohnya strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT). Selain itu dibutuhkan media ajar yang dapat mewadahi strategi REACT yang melibatkan multipel repesentasi pada pembelajarannya. Salah satu media ajar yang tepat adalah modul karena modul ialah bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis yang mencakup seperangkat pembelajaran yang terstruktur dan dirancang untuk mempermudah anak didik memahami spesifikasi pada tujuan belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan modul kimia SMA berbasis strategi REACT dengan melibatkan multipel representasi pada materi larutan penyangga. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian yaitu model 4-D yang terbatas hanya sampai tahap develop karena penelitian hanya bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul yang dihasilkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk modul guru dan modul peserta didik dengan strategi REACT yang melibatkan multipel representasi pada larutan penyangga. Kelayakan modul diperoleh dari analisis data pada uji validasi oleh dua validator ahli yaitu 1 dosen Universitas Negeri Malang dan 1 guru SMAN 1 Pandaan dan uji keterbacaan oleh 15 peserta didik kelas XI SMAN 1 Pandaan. Hasil validasi modul peserta didik dan modul guru memiliki presentase rata-rata penskoran yaitu sebesar 93% dan hasil uji keterbacaan sebesar 87%. Oleh karena itu modul yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak dan valid digunakan untuk peserta didik kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286525

Actions (login required)

View Item View Item