Analisis hasil kegiatan asistensi mengajar terhadap minat dan kesiapan guru kimia / Rikza Ishlahi Mubarok</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hasil kegiatan asistensi mengajar terhadap minat dan kesiapan guru kimia / Rikza Ishlahi Mubarok</p>

Mubarok, Rikza Ishlahi (2023) Analisis hasil kegiatan asistensi mengajar terhadap minat dan kesiapan guru kimia / Rikza Ishlahi Mubarok</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ANALISIS HASIL KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN GURU KIMIA Rikza Ishlahi Mubarok Oktavia Sulitina Depatemen Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang ABSTRAK Salah satu peran guru adalah memajukan mutu pendidikan dengan menempatkan menjadi guru profesional. Menjadi calon guru profesional dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan asistensi mengajar untuk melatih kompetensi mengajar mahasiswa calon guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil kegiatan asistensi mengajar terhadap minat dan kesiapan menjadi guru kimia. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Asistensi Mengajar angkatan 2019 dengan sampel sejumlah 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif berdasarkan persentase hasil angket. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Didapatkan hasil bahwa kegiatan Asistensi Mengajar dapat menumbuhkan minat dan kesiapan mahasiswa dalam menjadi guru. Secara keseluruhan persentase kegiatan Asistensi Mengajar yang dilakukan mahasiswa saat pembelajaran didalam kelas yaitu sebesar 84 69% yang berarti mahasiswa telah melaksanakan proses Asistensi Mengajar dengan baik. Asistensi Mengajar dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk menjadi guru. Didapatkan hasil persentase minat mahasiswa untuk menjadi guru sebesar 78 19%. Hal ini membuktikan bahwa minat mahasiswa untuk menjadi guru dalam kategori baik. Hasil minat mahasiswa untuk menjadi guru selaras dengan kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru yaitu sebesar 88 24%. Hal ini membuktikan bahwa kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru profesional dalam kategori sangat baik. Kata kunci Asistensi Mngajar Minat menjadi guru Kesiapan guru profesional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286520

Actions (login required)

View Item View Item