Asih, Evangeline Joanne Victoria Tyas Asih (2023) Pengembangan modul digital konsep asam basa (modusa) berbantuan augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep / EVANGELINE JOANNE VICTORIA TYAS ASIH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapan inovasi kurikulum 2013 yang mendorong keaktifan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran kimia yang masih banyak dianggap sulit oleh siswa kerap kali masih mengalami banyak kendala karena kegiatan pembelajaran yang lebih berfokus pada penjelasan guru (teacher-centered) sehingga kurangnya pembelajaran bermakna yang dialami oleh siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa sulit memahami materi pembelajaran salah satunya adalah mater materi konsep asam basa karena dalam memahami konsep asam basa diperlukan pemahaman konsep multirepresentasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu siswa dalam memaknai konsep kimia adalah dengan modul pembelajaran. Pemanfaatan fungsi teknologi Augmented Reality pada bidang kimia terbukti dapat membantu siswa dalam memahami konsep kimia. Oleh karena itu media bahan ajar berupa modul digital dengan fitur Augmented Reality ini dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul konsep asam basa berbantuan Augmented Reality (MODUSA) yang valid dan layak untuk dikembangkan serta untuk mengetahui pengaruh keefektifan penggunaan modul konsep asam basa berbantuan Augmented Reality (MODUSA) untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R amp D) dengan mengikuti model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yakni analysis (analisis) design (rancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Desain uji coba produk pada penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test untuk mengetahui keberhasilan media. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda soal esai dan angket yang dikembangkan secara mandiri dan diuji validitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah uji N-Gain Score paired sample t-test dan analisis konten. Produk hasil pengembangan mendapatkan kriteria sangat layak dengan skor validasi mencapai 87.65% dan nilai indeks gain sebesar 0 56. Hasil uji coba produk akhir MODUSA menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan terbukti meningkatkan pemahaman konsep siswa (Sig. 0.000 lt 0 05).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 08:55 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286518 |
Actions (login required)
View Item |