Pengembangan media pembelajaran melalui permainan truth or dare berbasis chemo-edutainment sebagai evaluasi pada materi hidrokarbon / Reza Annisa Trimukti Setya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran melalui permainan truth or dare berbasis chemo-edutainment sebagai evaluasi pada materi hidrokarbon / Reza Annisa Trimukti Setya

Setya, Reza Annisa Trimukti Setya (2023) Pengembangan media pembelajaran melalui permainan truth or dare berbasis chemo-edutainment sebagai evaluasi pada materi hidrokarbon / Reza Annisa Trimukti Setya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidrokarbon merupakan salah satu materi kimia bersifat abstrak dan konseptual yang dianggap rumit oleh siswa. Karakteristik materi hidrokarbon dengan banyak hafalan umumnya masih disampaikan dengan metode teacher-centered learning. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment yang layak digunakan pada materi hidrokarbon melalui permainan Truth or Dare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R amp D) dengan mengacu pada model 4-D (Define Design Develop and Disseminate). Namun pada penelitian ini tidak dilakukan penyebaran produk dikarenakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Hasil penelitian ini berupa media evaluasi pembelajaran melalui permainan Truth or Dare berbasis Chemo-Edutainment pada materi senyawa hidrokarbon. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media didapatkan hasil sebesar 100% dan ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak sedangkan hasil uji coba terbatas terhadap guru kimia di salah satu SMAN Kabupaten Malang sebesar 90% dan uji coba terbatas terhadap siswa sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Melalui hasil uji coba terbatas diketahui terdapat peningkatan rata-rata pemahaman siswa sebelum menggunakan produk sebesar 38 1% menjadi 85 3% sesudah menggunakan produk. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk berupa media evaluasi pembelajaran melalui permainan Truth or Dare berbasis Chemo-Edutainment telah memenuhi kriteria kelayakan digunakan sebagai solusi pembelajaran untuk meningkatkan rata-rata pemahaman siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286516

Actions (login required)

View Item View Item