Ni'mah, Faiqotun (2010) Penerapan model pembelajaran number head together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kesekretariatan pada siswa kelas XII APK SMK PGRI 6 Malang / Faiqotun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKSI Ni mah Faiqotun 2008. Penerapan Model Pebelajaran Numer Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kesekretariatan pada Siswa Kelas XII APK 2 SMK PGRI 6 Janti. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran. Universitas negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyanto M.M (2) Imam Bukhori S.Pd M.M Kata Kunci Number Head Together aktivitas siswa hasil belajar Pendidikan merupakan suatu kebutuhan hidup yang sangat penting. Hal ini sangat mendasar mengingat pendidikan dijadikan sebagai salah satu tolok ukur tingkat kesejahteraan manusia. Usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang tercantum dalam kurikulum 2004 diperlukan penguasaan terhadap metode pembelajaran yang diantaranya memberi kesempatan pada siswa belajar secara aktif mengkonstruksi (membangun) pengetahuannya. Akan tetapi pada umumnya pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran masih disampaikan dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Hal ini juga terjadi di kelas XII APK 2 SMK PGRI 6 Janti pada mata pelajaran Kesekretariatan. Sehingga siswa mengalami kejenuhan dan kurang aktif dalam kelas. Hal ini sangat berpengaruh pada aktivitas siswa yang sangat rendah di kelas dan siswa tidak bisa mencapai hasil belajar memenuhi standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. Dalam penelitian ini salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk bisa mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran Number Head Together. Model pembelajaran ini melibatkan lebih banyak siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa dituntut untuk aktif di kelas karena siswa harus saling bekerjasama dalam kelompok menyumbangkan pikiran dan adanya tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar baik individu maupun kelompok. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 6 Janti pada semester ganjil dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII APK 2. Peelitian dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember dan berakhir pada tanggal 27 Desember.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes observasi wawancara angket dan catatan lapangan. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa model pembelajaran Number Head Together bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Prosentase peningkatan aktivitas hasil belajar pada tiap indikatornya adalah Saling ketergantungan positif mengalami peningkatan sebasar 25% Interaksi tatap muka meningkat mengalami peningkatan sebasar 50% Akuntabilitas individual/tanggung jawab individu mengalami peningkatan sebasar 25% Ketrampilan menjalin hubungan antar pribadi mengalami peningkatan sebasar 37%. Prosentase rata-rata hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebasar 3.58%. Sedangkan prosentse hasil belajar afektif meningkat pada setiap aspek meliputi aspek berpikir bersama dalam kelompok mengalami peningkatan sebasar 14.82% kehadiran mengalami peningkatan sebasar 5 56% kemampuan berkomunikasi mengalami peningkatan sebasar 12 97% kejujuran mengalami peningkatan sebasar 1 85% keaktifan mengalami peningkatan sebasar 23 15%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Kesekretariatan siswa kelas XII APK 2 SMK PGRI 6 Janti. Pada penerapannya disarankan lebih memotivasi siswa untuk saling membantu dalam mengerjakan tugas diskusi memotivasi siswa untuk lebih bersaing dengan kelompok lain dan menciptakan suasana kelas yang kondusif agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |