Pengaruh penggunaan media instagram dalam model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi / Ilviana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media instagram dalam model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi / Ilviana</p>

Ilviana (2023) Pengaruh penggunaan media instagram dalam model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi / Ilviana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan Berpikir Kritis merupakan salah satu standar kompetensi lulusan satuan pendidikan yang harus dimiliki oleh siswa. Sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah khususnya pada materi laju reaksi. Hal tersebut terjadi salah satunya pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Turen dan menyebabkan hasil belajar kognitif siswa menjadi rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya motivasi belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran dan media pendukung yang dapat menunjang peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam belajar materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan Instagram dalam model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi (2) pengaruh penggunaan Instagram dalam model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini yakni quasi experimental design dengan populasi yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Turen. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 4 berjumlah 36 siswa sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 berjumlah 36 siswa sebagai sampel kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda dan essay untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa serta angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji kualititatif dan kuantitatif dengan uji independent sample-t test dan N-gain. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai sig. (2- tailed) 0 000 lt 0 05. Uji N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen (0 82) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0 72). Analisis kualitatif menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar kelas eksperimen (11% siswa cukup termotivasi 67% siswa termotivasi dan 22% siswa sangat termotivasi) lebih tinggi daripada kelas kontrol (35% siswa cukup termotivasi 58% siswa termotivasi dan 6% siswa sangat termotivasi). Uji N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan motivasi belajar kelas eksperimen (0 42) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0 28). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media instagram dalam proses pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi. Pemanfaatan media instagram dalam proses pembelajaran inkuiri membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar memiliki rasa ingin tahu sehingga mendorong siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286509

Actions (login required)

View Item View Item