Profil keterampilan proses sains dan pemahaman inkuiri ilmiah siswa SMA pada materi laju reaksi / Ismi Nudia Anburika</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil keterampilan proses sains dan pemahaman inkuiri ilmiah siswa SMA pada materi laju reaksi / Ismi Nudia Anburika</p>

Anburika, Ismi Nudia (2023) Profil keterampilan proses sains dan pemahaman inkuiri ilmiah siswa SMA pada materi laju reaksi / Ismi Nudia Anburika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan pemahaman inkuiri ilmiah siswa serta korelasi keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode mixed method dengan desain sequential explanatory yang mengutamakan penelitian dengan metode kuantitatif dan dilanjutkan dengan metode kualitatif untuk mendapatkan hasil yang mendalam dan komprehensif. Penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling pada 385 siswa SMA se-Malang Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains angket dan wawancara. Validasi tes KPS dilakukan dengan validitas isi uji validitas butir soal dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas isi memperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji validitas butir soal menunjukkan bahwa soal KPS valid. Hasil uji reliabilitas yaitu sebesar 0 693 yang menunjukkan tes KPS memiliki reliabilitas yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa berada pada kategori sedang yang memiliki persentase untuk indikator keseluruhan sebesar 49 87% dan siswa belum memiliki pemahaman inkuiri ilmiah dengan kategori informed. Selain itu pemahaman inkuiri ilmiah dan keterampilan proses sains memiliki korelasi positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286506

Actions (login required)

View Item View Item