Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi media sosial tiktok dan instagram dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi analisis kualitatif kation golongan i dan ii / Zalfa Adhya Rachmanita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi media sosial tiktok dan instagram dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi analisis kualitatif kation golongan i dan ii / Zalfa Adhya Rachmanita</p>

Rachmanita, Zalfa Adhya (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi media sosial tiktok dan instagram dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi analisis kualitatif kation golongan i dan ii / Zalfa Adhya Rachmanita</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran terintegrasi TikTok dan Instagram dalam meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa pada materi analisis kualitatif golongan I dan II menggunakan pendekatan Multi representasi serta model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi experimental dan desain yang diterapkan yaitu pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang dilakukan adalah random sampling. Penelitian dilakukan di SMKN 7 Malang dan melibatkan 29 siswa kelas XII Kimia Analisis 1 selaku eksperimen serta 30 siswa kelas XII Kimia Analisis 2 selaku kelas kontrol. Media TikTok dan Instagram diimplementasikan di kelas eksperimen sedangkan media powerpoint diimplementasikan di kelas kontrol. Data yang didapat berupa data kuantitatif skor pretest dan posttest serta angket motivasi belajar. Data pretest-posttest diolah secara statistik inferensial menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 26.0 dengan taraf signifikansi 5%. Data motivasi belajar diolah secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada uji Mann Whitney U diperoleh nilai signifikansi lt 0 05 sehingga Ha diterima (mean nilai post-test kelas eksperimen 82 00 sedangkan kelas kontrol 61 73). Skor N-Gain rata-rata kelas eksperimen ialah 0 7369 berada pada kategori tinggi dan skor N-Gain rata-rata kelas kontrol ialah 0 4753 berada pada kategori sedang. Penggunaan media sosial TikTok dan Instagram dengan pendekatan multi representasi juga menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap ketertarikan siswa pada materi analisis kualitatif kation golongan I dan II dari 25% ke 30% pemahaman siswa pada materi analisis kualitatif kation golongan I dan II dari 14% ke 21% motivasi berprestasi dari 42% ke 48% dan keaktifan serta kemandirian belajar siswa dari 17% ke 20%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning terintegrasi media sosial TikTok dan Instagram dengan pendekatan multi representasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi analisis kualitatif kation golongan I dan II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286504

Actions (login required)

View Item View Item