Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Margetwoe Erly Ferindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Margetwoe Erly Ferindra

Ferindra, Margetwoe Erly (2009) Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Margetwoe Erly Ferindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferindra Margetwoe Erly. 2008. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII Program Keahlian APK Di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Program Studi Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Sarbini (2) Imam Bukhori S.Pd M.M Kata kunci Lingkungan Keluarga Fasilitas Belajar Di Rumah Prestasi BelajarSiswaDalam kehidupan suatu Negara yang modern pendidikan memegangperanan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup Negara karenaperanan pendidikan besar artinya bagi kemajuan bangsa dan Negara. Untuk meningkatkan pendidikan masyarakat biasanya menyerahkan pada sekolah. Tetapi sebenarnya pusat pendidikan yang utama dan pertama adalahkeluarga. Lingkungan keluarga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Keluarga merupakan sumber pendidikan yang utama karena segala sesuatu tentang pengetahuan dan kecerdasan manusia yang diperoleh pertama-tama dari orang tua dan anggota keluarga sendiri. Keluarga harus ikut bertanggung jawab terhadap kelancaran pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah fasilitas belajar dirumah. Untuk mencapai prestasi belajar dibutuhkan fasilitas belajar dirumah yang sangat mendukung dan mutlak dibutuhkan. Semakinlengkap fasilitas belajar dirumah semakin bisa belajar dengan baik.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) untuk mendeskripsikan fasilitas belajar dirumah siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang (4) untuk menganalisa pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Analisa deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan keluarga sebagai variabel X1 kondisi fasilitas belajar dirumah sebagai variabel X2 dan prestasi belajar siswa sebagai variabel Y. Metode regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga (X1) dan fasilitas belajar dirumah (X2) terhadap prestasi belajar siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 42 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive random sampling dan menggunakan rumus slovin sehingga sampel berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai Nopember. Dari hasil penelitian ini menggambarkan bahwa lingkungan keluarga siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang sebagian besar atau sebanyak 18 (60%) menunjukkan lingkungan keluarga mendukung terhadap prestasi belajar. Fasilitas belajar dirumah siswa kelas XII APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang sebagian besar atau sebanyak 17 (56 7%) menunjukkan fasilitas belajar dirumah mendukung terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang sebanyak 22 (73 2%) siswa dari 30 siswa prestasi belajarnya cukup baik. Lingkungan keluarga secara parsial mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 3 376 ttabel 1 701 dengan sig t 0 002 0 1. Fasilitas belajar dirumah secara parsial mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 2 942 ttabel 1 701 dengan sig t 0 007 0 1. Lingkungan keluarga dan fasilitas belajar dirumah secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 17 371 Ftabel 2 511 dengan signifikansi 0 000 0 1. Besarnya R square adalah 0 563. Hal ini berarti prestasi belajar siswa (Y) dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga (X1) dan fasilitas belajar dirumah (X2) sebesar 56 3% sedangkan sisanya 43 7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dari hasil penelitian ini penulis mengharapkan kepada pihak sekolah agar meningkatkan komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan orang tua siswa karena antara pihak sekolah dan orang tua memiliki keterikatan yang erat dengan prestasi belajar siswa. Guru khususnya wali kelas hendaknya harus bisa bekerjasama dengan orang tua/wali murid untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar. Orang tua diharapkan memberikan perhatikan dan motivasi serta melakukan pemantauan dalam kegiatan belajar anak dan tidak menyerahkan masalah pendidikan sepenuhnya kepada sekolah sehingga akan terdapat kesamaan antara tujuan sekolah dan keluarga dalam mendukung prestasi belajar siswa. Orang tua sebisa mungkin harus dapat memenuhi segala fasilitas dan kebutuhan belajar dirumah anak-anaknya agar mereka dapat belajar dengan baik sehingga prestasi belajar akan meningkat. Selain itu siswa diharuskan untuk belajar dengan rajin dan menciptakan motivasi belajar pada dirinya sendiri. Siswa juga harus bisa menggunakan sebaik mungkin fasilitas belajar yang sudah ada baik di rumah maupun di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

View Item View Item