Mayasari, Ayu Putri (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prosedur administrasi kelas XI APK di SMK PGRI 2 Malang / Ayu Putri Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mayasari Ayu Putri. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prosedur Administrasi Kelas XI APK Di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. (2) Drs. Sarbini. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Motivasi Hasil Belajar Perkembangan teknologi dan informasi yang maju demikian pesat menimbulkan persaingan antar negara menjadi kompetitif dan menuntut kesiapan sumber daya manusia berkualitas dari masing-masing negara. Rendahnya aktivitas siswa akan dapat membawa dampak lanjutan seperti siswa enggan bertanya atau menjawab pertanyaan siswa kesulitan dalam memahami materi tingkat penerapan atau aplikasi siswa rendah dan rendahnya daya serap siswa. Lebih diutamakan lagi untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memerlukan ketrampilan tinggi. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang bisa memotivasi siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw sebagai alternatif utama yang merupakan salah satu model pembelajaran yang berasosiasi dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan studi dokumenter dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 42 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif model jigsaw. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siklus I persentase keberhasilannya sebesar 68 75% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 87 5% dengan kategori sangat baik. Pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang. Motivasi belajar siswa Kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Prosedur Administrasi dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw mengalami kenaikan dengan persentase keberhasilan dari siklus I sebesar 58 53% yang termasuk dalam kategori C dan pada siklus II sebesar 73 80% yang termasuk dalam kategori B . Kenaikan itu dihitung dari hasil penilaian motivasi belajar siswa berdasarkan deskripsi yang nampak. Selain itu motivasi belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Prosedur Administrasi dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw juga dihitung dari hasil angket yang pada siklus I sebesar 3 87 dan pada siklus II sebesar 3 92. Hal itu menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 0 05 yang termasuk dalam kategori B . Hasil belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Prosedur Administrasi dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw mengalami peningkatan antara nilai pre test dan post test siswa pada siklus I dan siklus II. Rata-rata perbandingan pada siklus I yaitu 62 75 79 87. Sedangkan pada siklus II rata-rata perbandingannya 67 30 84 04. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Pembelajaran kooperatif model jigsaw bermanfaat bagi siswa karena dapat meningkatkan hasil belajarnya. (2) Pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi peneliti berikutnya penelitian ini dapat dikembangkan untuk materi selain surat pesanan selain mata pelajaran Prosedur Administrasi dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |