Pembelajaran dengan metode simulasi sebagai bentuk implementasi dari pemahaman konsep-konsep mata diklat produktif pada siswa kelas XI APK 2 di SMK PGRI 6 Malang (studi kasus pada kompetensi mengelola dokumen) / Herlin Merdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan metode simulasi sebagai bentuk implementasi dari pemahaman konsep-konsep mata diklat produktif pada siswa kelas XI APK 2 di SMK PGRI 6 Malang (studi kasus pada kompetensi mengelola dokumen) / Herlin Merdiana

Merdiana, Herlin (2009) Pembelajaran dengan metode simulasi sebagai bentuk implementasi dari pemahaman konsep-konsep mata diklat produktif pada siswa kelas XI APK 2 di SMK PGRI 6 Malang (studi kasus pada kompetensi mengelola dokumen) / Herlin Merdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia antara lain perbaikan kurikulum perbaikan sarana dan prasarana hingga perbaikan tenaga pengajar. Hal ini seharusnya diimbangi dengan peran serta pelaku proses pembelajaran secara langsung yaitu Kepala Sekolah Guru dan Siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dikehidupan nyata yaitu dengan pembelajaran dengan metode simulasi. Pembelajaran dengan metode simulasi merupakan kegiatan pembelajaran yang menyajikan dunia nyata ke dalam kelas dengan memainkan peran yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimilik dan harus dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan metode simulasi respon siswa dalam pembelajaran dengan metode simulasi dan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran tersebut merupakan upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI APK 2 SMK PGRI 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi serta analisis dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan II sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan metode simulasi. Materi yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini adalah Ruang Lingkup Kearsipan yang meliputi Pengertian Kearsipan Kegiatan Kearsipan Tujuan Pengelolaan Arsip serta Masalah Pokok dalam Kearsipan dan Pemecahannya. Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI 6 Malang pada semester gasal 2008/2009. Subjek penelitian adalah kelas XI (sebelas) Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 (dua) terdiri dari 38 (tiga puluh delapan) siswa dan 1 (satu) guru mata pelajaran Mengelola Dokumen. Data yang diperoleh meliputi (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dan (2) hasil belajar siswa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian penerapan pembelajaran dengan metode simulasi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 di SMK PGRI 6 Malang adalah sebagai berikut (1) Pada siklus I diketahui bahwa hasil pre test ini menunjukkan nilai rata-rata sebesar 35 13. Diperoleh nilai terendah adalah 15 dan nilai tertinggi adalah 65. Sedangkan dari perolehan nilai post test siswa dihasilkan nilai rata-rata hasil tes adalah 61 84. Nilai terendah yang diperoleh adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 80. Tingkat keaktifaan siswa pada tindakan siklus I dalam kategori A dengan presentase rata-rata aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran dengan metode simulasi sebesar 96 15%. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 91 67%. Hal ini dapat diartikan bahwa berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pengamat taraf keberhasilan kegiatan penelitian termasuk dalam kategori A . (2) Dalam siklus II nilai rata-rata pre test siswa sebesar 39 34. Diperoleh nilai terendah adalah 25 dan nilai tertinggi adalah 55. Sedangkan dalam post test siklus II dihasilkan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66 38. Diperoleh nilai terendah adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 90. Sedangkan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran sebesar 91 67% atau termasuk dalam kategori A . Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran dengan metode simulasi pada tindakan siklus II ini diperoleh presentase 92 31%. Hal ini dapat diartikan bahwa berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pengamat taraf keberhasilan kegiatan penelitian termasuk dalam kategori A . Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan oleh peneliti adalh sebagai berikut (1) Pembelajaran dengan metode simulasi sangat bermanfaat bagi siswa karena metode tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengelola Dokumen sehingga pembelajaran dengan metode simulasi dapat diterapkan oleh guru lain pada mata pelajaran yang berbeda (2)Pada saat pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru lebih memotivasi siswa dan memberikan peran yang sederhana dan sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa (3) Pada akhir pertemuan sebaiknya selalu diberikan penguatan tentang materi yang telah diajarkan dengan metode simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28642

Actions (login required)

View Item View Item