Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang / Dina Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang / Dina Fatmawati

Fatmawati, Dina (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat manajemen perkantoran kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang / Dina Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Dina. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Manajemen Perkantoran Kelas X Apk di SMK Ardjuna 01 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR. Sopiah M.Pd M.M (2) Drs. Sarbini. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Motivasi Belajar Hasil Belajar Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pada proses pembelajaran yang lebih menekankan pada kemampuan penalaran siswa. Think Pair Share (TPS) merupakan pendekatan yang mengacu pada pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dan tingkat motivasi serta hasil belajar siswa mata diklat Manajemen Perkantoran di SMK Arjuna 01 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan Siklus II di tempuh selama dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengantar administrasi perkantoran. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model TPS adalah sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dilihat dari aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 70 3 dengan kategori baik meningkat menjadi 85 55 dengan kategori sangat baik (2) Motivasi belajar siswa dibagi dalam dua sumber yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik (3) hasil belajar siswa dinilai berdasarkan hasil tes tulis yang mengalami peningkatan rata-rata kelas dari 70 menjadi 75 52 dengan jumlah ketuntasan sebanyak 28 siswa meningkat menjadi 36 siswa. Kelemahan dari pembelajaran TPS ini adalah kurangnya fasilitas belajar siswa seperti buku pelajaran Manajemen Perkantoran sehingga menghambat proses belajar mengajar. Berdasarkan Hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) sekolah dapat menjadikan pembelajaran kooperatif model TPS untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar di kelas (2) untuk peneliti berikutnya hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran TPS ini pada mata diklat lain (3) sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28640

Actions (login required)

View Item View Item