Wati, Endah Triana (2008) Kesiapan guru mata diklat administrasi perkantoran SMK bidang keahlian Bisnis dan Manajemen terhadap implentasi kurikulum tingkat satuan pendidikan di Kabupaten Tulungagung / Endah Triana Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wati Endah Triana. 2008. Kesiapan Guru Mata Diklat Administrasi Perkantoran SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.I Nyoman Suputra M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Kesiapan Guru Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disusun sesuai dengan kondisi di masingmasing daerah bersangkutan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah. Seiring pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan maka aspek pelatihan dan sosialisasi bagi guru sangat diperlukan sebagai sarana pendukung dalam sosialisasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut tenaga pengajar (guru) terampil dan berkualitas agar dapat mencapai kompetensi yang diinginkan. Oleh karena itu perlu adanya kesiapan dari pelaksananya antara lain kesiapan kepala sekolah dan guru sebagai tenaga pengajar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pemahaman guru tentang implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kesiapan guru terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan faktor pendukung dan faktor penghambat iplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk guru Administrasi Perkantoran SMK di Kabupaten Tulungagung. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru APK SMK bidang keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tulungagung. Sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi yaitu 39 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi wawancara agket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 51 28% guru mengatakan sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik 84 62% guru mengatakan bahwa pemahaman guru tentang Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan baik 69 23% guru menyatakan bahwa kesiapan Guru terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik faktor pendukung implementasi kurikulum tingkat satuan Pendidikan adalah motivasi dari guru sendiri kepala sekolah dan teman sesama guru dan faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana dan dari diri siswa sendiri. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Kesiapan Guru Administrasi Perkantoran SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu tindakan untuk mendukung dan menguatkan tingkat kesiapan guru dengan menambah sosialisasi kususnya untuk program Administrasi Perkantoran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Nov 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |