Penerapan pembelajaran kontekstual strategi react untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat stenografi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK "Ardjuna" 2 Malang / Dian Purnamasari R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual strategi react untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat stenografi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK "Ardjuna" 2 Malang / Dian Purnamasari R.

Purnamasari R., Dian (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual strategi react untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat stenografi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK "Ardjuna" 2 Malang / Dian Purnamasari R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk itu pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman. Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas sedikit-demi sedikit dan dari proses mengkonstruksi sendiri sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Strategi pembelajaran kontekstual adalah strategi REACT. Strategi REACT adalah strategi pembelajaran yang mendasari penerapan pembelajaran kontekstual yang mempunyai unsur Relating (mengaitkan) Experiencing (mengalami) Applying (menerapkan) Cooperating (bekerjasama) dan Transferring (mentransfer). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kontekstual strategi REACT dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT pada mata diklat Stenografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT pada mata diklat Stenografi siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua Siklus. Masing-masing Siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada Siklus I dan II sesuai dengan Rencana Pembelajaran (RPP) dengan strategi REACT. Mata diklat yang digunakan pada penelitian ini adalah Stenografi untuk kelas X Administrasi Perkantoran semester I tahun pelajaran 2007/2008 yaitu terfokus pada kompetensi dasar Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah . Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual strategi REACT maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif yang dilakukan perhitungan nilai pre-test dan post-test kedua Siklus serta aspek afektif yang dilakukan melalui lembar pengamatan aktivitas siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Ardjuna 2 Malang yang berlokasi di Jalan Teluk Pelabuhan Ratu 41 Malang pada tanggal 7 Mei sampai 28 Mei 2008. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada SMK Ardjuna 2 Malang tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan soal tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian dilakukan dengan data reduction (reduksi data) display (penyajian data) dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang adalah sebagai berikut (1) Pada siklus I diketahui bahwa hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 64 diperoleh nilai terendah adalah 30 dan nilai tertinggi adalah 80. Sedangkan dari perolehan nilai post test siswa dihasilkan nilai rata-rata sebesar 68 57 diperoleh nilai terendah adalah 45 dan nilai tertinggi adalah 80. Hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual strategi REACT pada siklus I sebesar 91 66% termasuk dalam kategori A . (2) Pada siklus II diketahui bahwa hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 68 64 diperoleh nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 84. Sedangkan dari perolehan nilai post test siswa dihasilkan nilai rata-rata sebesar 80 6 diperoleh nilai terendah adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 91. Hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual strategi REACT pada Siklus II sebesar 100% termasuk dalam kategori A . Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang pada mata diklat Stenografi. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Strategi REACT sangat bermanfaat bagi siswa karena strategi tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga bagi guru mata Stenografi dan guru mata pelajaran lainnya dapat menggunakan strategi ini pada pokok bahasan yang memiliki kaitan secara langsung dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari. (2) Guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran karena motivasi belajar siswa masih kurang dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi peneliti berikutnya penelitian ini dapat dikembangkan untuk mata diklat selain Stenografi dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item