Implementasi metode pembelajaran kooperatif model STAD (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat bekerjasama dengan kolega pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 (APK 2) di SMK PGRI 6 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran kooperatif model STAD (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat bekerjasama dengan kolega pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 (APK 2) di SMK PGRI 6 Malang

Leonardo Y., Andreas (2009) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model STAD (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat bekerjasama dengan kolega pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 (APK 2) di SMK PGRI 6 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kooperatif model STAD dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadikan siswa lebih aktif dalam berkomunikasi dan pembelajaran kooperatif model STAD merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan Penelitian dilakukan untuk mengetahui hasil belajar pada mata diklat bekerjasama dengan kolega pada pokok bahasan tata karma yang baik secara umum dan arti bahasa tubuh dalam lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat bekerjasama dengan kolega. (3) untuk mengetahui bagaimanakah tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran metode kooperatif model STAD pada mata diklat bekerjasama dengan kolega Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X APK 2 SMK PGRI 06 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes panduan observasi format penilaian dan angket untuk siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana dalam setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dalam tindakan siklus 1 proses adaptasi dan sosialisasi siswa sudah baik meskipun ada beberapa siswa yang masih enggan untuk mengemukakan pendapatnya. Pada tindakan siklus 2 keaktifan siswa sudah sangat baik dibandingkan dengan siklus 1 banyak siswa yang sebelumnya tidak berani bertanya kini berani bertanya jika ada yang tidak dimengerti. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model STAD sangat bermanfaat bagi siswa karena model tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga bagi guru mata diklat bekerjasama dengan kolega dan guru mata diklat lainnya dapat menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD ini pada pokok bahasan lain yang memenuhi karakteristik yang sama dengan pokok bahasan tata krama yang baik secara umum dan arti bahasa tubuh dalam lingkungan kerja yaitu pada materi yang memiliki kaitan secara langsung dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari. (2) prestasi atau hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD mengalami peningkatan dimana diketahui pada tindakan siklus 1 nilai post test siswa meningkat dibanding nilai pre test mereka.namun kelas belum memenuhi syarat ketuntasan belajar karena yang tuntas belajar masih dibawah batas minimum presentase ketuntasan belajar kelas. Pada tindakan siklus 2 nilai post test siswa meningkat dibandingkan nilai pre test mereka. Diketahui bahwa dalam tindakan siklus 2 ini kelas telah memenuhi taraf ketuntasan belajar dimana presentase siswa yang tuntas belajar diatas batas minimum presentase ketuntasan belajar kelas. Dari penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model STAD saran yang dapat dikemukakan diantaranya (1) bagi guru guru hendaknya lebih meningkatkan motivasi siswa untuk berpikir lebih aktif dalam memecahkan suatu masalah saling bekerjasama antar siswa dan memberikan bimbingan pada siswa untuk memecahkan suatu masalah.(2) bagi siswa siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat. Selain itu siswa diharapkan dapat saling bekerjasama dalam suatu kelompok dan berusaha menghargai orang lain.(3) bagi peneliti selanjutnya penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam penulisan karya ilmiahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28632

Actions (login required)

View Item View Item