Implementasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat prosedur administrasi pada kelas X SMK X PGRI 2 Malang / Iin Noviatul Masdudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat prosedur administrasi pada kelas X SMK X PGRI 2 Malang / Iin Noviatul Masdudah

Masdudah, Iin Noviatul (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat prosedur administrasi pada kelas X SMK X PGRI 2 Malang / Iin Noviatul Masdudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) kemajuan jaman dan tuntutan masyarakat. Selain itu pendidikan juga harus mengadakan inovasi dalam berbagai bidang sehingga mutu pendidikan tidak tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan proses belajar yang meliputi sistem penilaian dan metode pembelajaran yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif terdiri dari empat model yaitu Student Teams Achievement Division (STAD) Jigsaw Group Investigation (GI) dan metode Sruktural yang terdiri dari dari dua model Think Pair Shair (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran NHT adalah strukur yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut. Pembelajaran kooperatif NHT ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi waktu lebih banyak berfikir menjawab dan saling membantu satu sama lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan angket dan tes. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 45 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran NHT. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dalam siklus I bahwa presentase aspek model pembelajaran NHT paling tinggi nampak pada aspek interaksi tatap muka sebesar 84% aspek akuntabilitas individual sebesar 83% aspek saling ketergantungan positif sebesar 80% dan aspek ketrampilan antar personal sebesar 78%. Sedangkan pada siklus II diperoleh data bahwa presentase aspek model pembelajaran NHT paling tinggi nampak pada aspek interaksi tatap muka sebesar 93% aspek saling ketergantungan positif dan aspek akuntabilitas individu sebesar 92% dan aspek tersebut masuk dalam kategori sangat baik . Pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang dimana nilai rata-rata kelas siswa sebelum diterapkannya pembelajaran NHT adalah 59 24 dan setelah diterapkannya pembelajaran NHT nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I adalah 72 89 hal ini dapat diartikan hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 23 04%. Dan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 16 16% dengan nilai rata-rata kelas 84 67. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) Pembelajaran NHT sangat bermanfaat bagi siswa karena model pembelajaran ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga bagi guru mata diklat Prosedur Administrasi dan guru mata diklat lainnya diharapkan dapat menerapkan pembelajaran NHT ini serta dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT hendaknya guru juga harus memperhatikan alokasi waktu dan keaktifan kelas (2) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model NHT pada mata diklat lain selain mata diklat Prosedur Administrasi dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain (3) Guru harus dapat memotivasi siswa untuk mengadakan persiapan belajar dirumah sebelum materi disampaikan disekolah. Dengan cara memberi tahu siswa bahwa setiap kali pertemuan akan diadakan pretes dan post tes. Sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar sebelum materi disampaikan dan (4) Pembelajaran kooperatif model NHT sangat memerlukan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai misalnya ruang pembelajaran serta media pembelajaran misalnya OHP dan LCD. Oleh karena itu dukungan dari pihak sekolah sebagai penyedia sarana dan prasarana sangat diperlukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item View Item