Ratnasari, Yeni (2009) Pengaruh fasilitas pengajaran dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran kelompok mata diklat produktif SMK Negeri 1 Malang / Yeni Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Proses pendidikan berlangsung dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat atau sumber daya manusia. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru serta perbaikan fasilitas pengajaran di sekolah. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan guru yang mempunyai kompetensi profesional yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif didukung dengan fasilitas pengajaran yang memadai yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran guna mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi fasilitas pengajaran kompetensi profesional guru tingkat prestasi belajar pengaruh fasilitas pengajaran terhadap prestasi belajar siswa pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh fasilitas pengajaran dan kompetensi profesional guru secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang.. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan sampel sebanyak 36 siswa. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (a) variabel fasilitas pengajaran dalam kondisi baik hal ini terbukti dari 41 6% responden menyatakan bahwa kondisi fasilitas pengajaran sangat baik 52 8% responden menyatakan dalam kondisi baik 5 6% responden menyatakan kondisi fasilitas pengajaran kurang baik dan tidak ada responden yang menyatakan kondisi fasilitas pengajaran dalam keadaan tidak baik. (b) variabel kompetensi profesional guru baik hal ini terbukti dari 30 6% responden menyatakan bahwa kompetensi profesional guru sangat baik 55 6% responden menyatakan bahwa kompetensi profesional guru baik 13 8% responden menyatakan kurang baik dan tidak ada responden yang menyatakan kompetensi profesional guru dalam keadaan tidak baik.. Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil sebagai berikut (a) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas pengajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelompok mata diklat produktif SMK Negeri 1 Malang terbukti dari nilai sig t 0 025 0 05. (b) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelompok mata diklat produktif SMK Negeri 1 Malang terbukti dari nilai sig t 0 000 0 05. (c) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel fasilitas pengajaran dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelompok mata diklat produktif SMK Negeri 1 Malang terbukti nilai sig F 0 000 0 05. Nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0 605 hal ini diartikan bahwa variabel fasilitas pengajaran dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Malang sebesar 60 5% sedangkan sisanya 39 5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel bebas yang diteliti. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada SMK Negeri 1 Malang agar semakin meningkatkan ketersediaan fasilitas pengajaran yang sudah baik dari segi kualitas maupun kuantitas untuk memperlancar proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kompetensi profesional guru juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa maka kompetensi seorang guru harus terus ditingkatkan dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar yang berhubungan dengan kompetensi profesional guru. Selain itu diharapkan adanya peran aktif dari semua lembaga terkait terutama pihak sekolah pengawas pemerintah dalam memotivasi dan memfasilitasi guru dalam mendidik dan melatih siswa SMK untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga mampu memenuhi tuntutan dunia usaha. Untuk penelitian yang akan datang disarankan dapat meneliti variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa selain fasilitas pengajaran dan kompetensi profesional guru dan apabila akan menggunakan variabel yang sama dalam penelitiannya agar mengambil jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil penelitian tersebut bisa bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |