Aini, Nur (2009) Analisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengetik manual kelas I SMK Bisnis dan Manajemen Ardjuna 2 Malang / Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan yang berkualitas memerlukan strategi pembelajaran yang berkualitas pula. Salah satunya adalah perbaikan kurikulum pendidikan yang melibatkan semua komponen pembelajaran yaitu guru siswa media pembelajaran sarana dan prasarana (fasilitas belajar) evaluasi tujuan pembelajaran dan lain-lain. Komponen-komponen tersebut sangat mempengaruhi proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Hal ini terkait dengan motivasi belajar baik secara internal maupun eksternal. Pelajaran mengetik manual merupakan pelajaran yang menuntut penguasaan materi untuk mengaplikasikannya. Sehingga diperlukan motivasi dari dalam diri siswa sendiri dan dari guru atau lingkungannya (eksternal) dalam mengantarkan siswa mencapai prestasi yang sangat memuaskan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana motivasi internal dan motivasi eksternal siswa dan apakah motivasi internal and motivasi eksternal tersebut mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini mempunyai 2 variabel bebas (X) yaitu motivasi internal (X1) dan motivasi eksternal (X2)dan variabel terikat (Y) prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis Ex Post Vacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I Administrasi Perkantoran (Apk) dan kelas I Akuntansi (Akt) SMK BM Ardjuna 2 Malang yang berjumlah 63 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Siswa kelas I Apk dan kelas I Akt SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2006/2007 memiliki tingkat motivasi internal yang tinggi untuk mata pelajaran mengetik manual dengan rata-rata 47 49. Hal ini dikarenakan siswa ingin mendapatkan penghargaan dari guru ingin mendapatkan penghargaan dari teman sekelas ingin mendapatkan nilai yang tinggi (nilai ulangan nilai praktek nilai rapor) persaingan dengan teman sekelas dalam belajar kemampuan diri (bakat dan minat) sendiri yang dimiliki siswa kesehatan percaya diri cita-cita. (2) Siswa kelas I Apk dan kelas I Akt SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2006/2007 memiliki tingkat motivasi eksternal yang tinggi untuk mata pelajaran mengetik manual dengan rata-rata 47 41. Hal ini dikarenakan ketersediaan fasilitas yang digunakan pada mata pelajaran mengetik manual motivasi yang diberikan oleh guru pemberian hadiah oleh guru peringatan dan hukuman serta tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (3) Siswa kelas I Apk dan kelas I Akt SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2006/2007 memiliki prestasi belajar yang cukup baik untuk mata pelajaran mengetik manual dengan rata-rata 73 17. (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar internal terhadap prestasi belajar siswa kelas I Apk dan kelas I Akt SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2006/2007. (5) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar eksternal terhadap prestasi belajar siswa kelas I Apk dan kelas I Akt SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2006/2007. Saran yang bisa diberikan adalah (1) Siswa hendaknya lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar baik dalam hal praktek maupun teori yang telah disampaikan oleh guru dengan cara mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru aktif bertanya dengan guru ataupun diskusi dengan temannya sekelas sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajar terutama pada pelajaran mengetik manual. (2) Guru hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi dalam hal pemberian motivasi eksternal kepada siswa dengan cara memberi tugas kepada siswa agar siswa banyak membaca sehingga informasi banyak didapatkan oleh siswa penggunaan strategi mengajar yang bervariasi disesuaikan dengan kondisi siswa dan materi pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi agar siswa termotivasi untuk lebih giat belajar pendekatan personal kepada siswa ketika praktek di laboratorium terutama pada pelajaran mengetik manual. (3) Lembaga pendidikan hendaknya lebih meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan oleh siswa terutama pada mata pelajaran mengetik manual yaitu fasilitas laboratorium mengetik manual. Selain itu lembaga pendidikan melalui kepala sekolah dapat memberikan kebijakan-kebijakan mengenai pemeliharaan maupun penggunaan fasilitas laboratorium mengetik manual agar siswa dapat lebih termotivasi untuk lebih giat belajar. (4)Peneliti selanjutnya hendaknya meneliti indikator alternatif lainnya pada variabel motivasi yang lebih memberikan kontribusi kepada pihak yang bersangkutan. Misalnya profesionalisme guru fasilitas yang lebih lengkap latar belakang siswa keadaan psikologis siswa rasa ingin tahu siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |