Lina (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran (APK) 2 di SMK PGRI 6 Malang / Lina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suatu proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh metode pembelajaran yang tepat dan partisipasi aktif dari siswa. Siswa dapat termotivasi untuk belajar bila materi pembelajaran berkaitan dengan dunia nyata. Siswa sebagai subjek belajar adalah komponen manusia yang menempati posisi sentral dalam proses pembelajaran. Siswa sebagai faktor penentu di dalam proses pembelajaran yang dapat mempengaruhi berhasil tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) berpedoman bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya bukan mengetahui nya. Pembelajaran kontekstual (contectual teaching and learning) adalah salah satu strategi tersebut. Strategi tersebut mempunyai konteks bahwa guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Metode pembelajaran kontekstual diantaranya adalah metode inkuiri (Nurhadi 2004). Proses inkuiri dimulai dengan mengumpulkan informasi dan data dengan menggunakan organ indera seperti melihat mendengar menyentuh merasakan dan membau. Tahapan dalam penelitian ini ada tiga yaitu 1). tahap awal dengan penyajian masalah 2). tahap inti kerja kelompok (observasi bertanya mengajukan dugaan pengumpulan data dan penyimpulan) 3). tahap akhir dengan presentasi kelompok Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan studi dokumenter dan tes sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 38 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus mencangkup 4 tahap yaitu 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan tindakan 3) Pengamatan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran inkuiri dimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas X APK 2 antara post test siklus I dan post test siklus II sebesar 26 3% pada mata diklat Kewirausahaan pokok bahasan Membuat Keputusan. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil pre test siklus I diperoleh rata-rata sebesar 47 6% sedangkan hasil post test siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68 9%. Kenaikan prestasi belajar siswa sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan adalah 36.9%. Hasil penelitian siklus II diperoleh rata-rata pre test sebesar 64 2% sedangkan hasil post test diperoleh nilai rata-rata sebesar 77 1%. Kenaikan prestasi belajar siswa sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan adalah 18 4%. Dari hasil penelitian ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri sangat bermanfaat bagi siswa karena model pembelajaran tersebut telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga bagi guru mata diklat Kewirausahaan dan guru mata pelajaran yang lainnya dapat menggunakan pembelajaran model inkuiri pada pokok bahasan yang memiliki karekteristik yang sama dengan pokok bahasan Mengambil Keputusan yaitu pada materi yang memiliki kaitan secara langsung dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari. Beberapa saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Guru hendaknya lebih memberikan variasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (2) Pada saat melakukan pembelajaran dengan pengajaran kontekstual dengan metode inkuiri hendaknya lebih memfokuskan siswa pada masalah sehingga siswa akan konsentrasi pada keinginan untuk memecahkan permasalahan yang ada (3) Bagi peneliti berikutnya dapat menggunakan pembelajarn kontekstual dengan metode yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28625 |
Actions (login required)
View Item |