Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Apk 2 SMKN 2 Kediri / Nunung Faridatuni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Apk 2 SMKN 2 Kediri / Nunung Faridatuni'mah

Faridatuni'mah, Nunung (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Apk 2 SMKN 2 Kediri / Nunung Faridatuni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi bagi suatu bangsa untuk mempersiapkan mental dan moral pembangun bangsa yang kokoh dan berdaya saing global. Lingkungan pendidikan sengaja dilahirkan dalam kehidupan masyarakat dan atau bangsa demi menciptakan hidup dengan memperkenalkan aura kecerdasan dan kecakapan pada tiap-tiap pribadi masyarakat atau bangsa tersebut. Mengingat pentingnya pendidikan maka kegiatan belajar mengajar di kelas harus ditingkatkan agar mutu pendidikan di sekolah semakin meningkat. Mutu pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab semua pihak bukan hanya tanggung jawab guru. Suatu proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas dan juga oleh adanya dukungan atau partisipasi aktif dari siswa. Pemilihan metode pembelajaran adalah tanggung jawab guru dan partisipasi aktif harus ditunjukkan siswa dengan adanya minat belajar serta aktivitas yang tinggi. Melelui proses belajar yang kondusif yaitu dengan didukung dengan metode pembelajaran yang berkualitas dan partisipasi aktif siswa dapat dipastikan hasil belajar yang diperoleh akan maksimal. Salah satu model tersebut adalah metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X APk 2 SMKN 2 Kediri Tahun Ajaran 2007/2008. Pada pokok bahasan Menyediakan Bantuan kepada Pelanggan di dalam dan di luar Perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan Tindakan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APk 2 (Administrasi Perkantoran) Tahun Ajaran 2007/2008. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar observasi tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Peningkatan aktivitas siswa dari hasil observasi pada siklus 1 adalah 67 5% meningkat menjadi 90% pada siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 1 5% dengan kriteria ketuntasan belajar kelas 8805 75% dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 77 4 sedangkan pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa adalah 78 9. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan disarankan kepada guru mata diklat Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT sebagai alternatif pembelajaran dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT pada mata diklat lain. Atau memadukan TGT dengan metode pembelajaran kooperatif yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item