Maeramah, Baiq Ridha (2009) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata diklat mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja (studi pada siswa kelas II Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMP PGRI 2 Malang) / Baiq Ridha Maeramah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lembaga pendidikan merupakan suatu lembaga yang didirikan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan maka pemerintah mengeluarkan Undang-undang tentang pendidikan nasional salah satu kebijakan yang dibuat adalah pengeluaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai salah satu institusi yang menyiapkan tenaga kerja dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia kerja. Sejalan dengan pemberlakuan kurikulum SMK 2004 dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan yang sesuai dengan tujuan pendidikan maka dapat ditempuh melalui proses pembelajaran di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Keberhasilan tujuan pendidikan tergantung pada proses belajar yang berlangsung. Untuk mengukur sejauh mana perubahan yang dicapai dalam proses belajar salah satunya dapat dilihat dari tingkat prestasi yang dicapai siswa di sekolah tempat ia belajar sehingga tingkat pengetahuan dan penguasaan keterampilan dapat dimiliki dengan optimal. Keberhasilan belajar seorang siswa dalam meguasai mata diklat di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Diantara faktor-faktor tersebut adalah faktor motivasi siswa dan kebiasaan belajar. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor motivasi siswa faktor kebiasaan belajar prestasi belajar siswa dalam menguasai mata diklat pada siswa kelas II APK1 dan II APK2 SMK PGRI 2 Malang Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi yang dilakukan pada tanggal 2 Maret 2008. Populasinya adalah siswi-siswi kelas II Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan sampel sebanyak 60 siswi. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (a) motivasi siwa tinggi hal ini terbukti dari 60 responden sebanyak 4 responden (6 7%) mempunyai motivasi yang sangat tinggi 41 responden (68 3%) mempunyai motivasi yang tinggi 14 responden (23 3%) mempunyai motivasi yang sedang 1 responden (1 7%) mempunyai motivasi yang rendah. (b) faktor kebiasaan belajar baik hal ini terbukti dari 60 responden sebanyak 9 responden (15%) mempunyai kebiasaan belajar yang sangat baik 35 responden (58 3%) mempunyai kebiasaan belajar yang baik 16 responden (26 7%) mempunyai kebiasaan belajar yang sedang 0 responden (0%) mempunyai kebiasaan belajar yang buruk. Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil sebagai berikut (a) secara parsial terdapat pengaruh yang positif atau signifikan motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas II APK1 dan II APK2 SMK PGRI 2 Malang terbukti dari nilai sig t 0 039 0 05. Sumbangan Efektif (SE) variabel motivasi siswa (X1) terdapat prestasi belajar (Y) sebesar 8 00%. (b) secara parsial terdapat pengaruh yang positif atau signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II APK1 dan II APK2 SMK PGRI 2 Malang terbukti dari nilai sig t 0 000 0 05. Sumbangan Efektif (SE) variabel kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 42 41%. (c) secara simultan terdapat pengaruh yang positif atau signifikan faktor motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas II APK1 dan II APK2 SMK PGRI 2 Malang terbukti nilai sig F 0 000 0 05. Nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0 506 hal ini diartikan bahwa variabel motivasi siswa (X1) dan keabiasaan belajar secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Malang sebesar 50 6% sedangkan sisanya 49 4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar perubahan variabel bebas yang diteliti. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada Guru SMK PGRI 2 Malang agar lebih meningkatkan perhatian dan mengevaluasi pekerjaan para siswanya dengan memberikan nilai yang lebih pada siswa yang mengumpulkan tepat waktu dan memberi hukuman bagi yang terlambat mengumpulkan dan memberikan hadiah bagi yang pekerjaannya sempurna. Guru mengarahkan tentang bagaimana cara belajar yang efektif terutama dalam belajar. Fasilitas belajar yang ada di sekolah perlu diperhatikan seperti buku-buku perpustakaan sekolah dan sarana yang menunjang proses belajar di sekolah. Guru lebih sering memberikan tugas-tugas untuk dikerjakan di rumah agar siswa bisa belajar mandiri di rumah. Guru lebih memperhatikan metode mengajar yang lebih bervariasi karena metode mengajar yang monoton akan membuat siswa merasa bosan di kelas . Hal ini merupakan langkah awal agar siswa lebih termotivasi selama proses belajar mengajar berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |