Analisis pembentukan soft-skills dan hard-skills siswa teknik pemesinan di SMK Sore Tulungagung - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pembentukan soft-skills dan hard-skills siswa teknik pemesinan di SMK Sore Tulungagung

Andrianto, Iman (2023) Analisis pembentukan soft-skills dan hard-skills siswa teknik pemesinan di SMK Sore Tulungagung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah menengah kejuruan memiliki peran penting dalam membentuk soft-skills dan hard-skills pada siswa. Guru dalam membentuk soft-skills siswa yaitu melalui program bela negara yang telah diterapkan disekolah, sedangkan untuk membentuk hard-skills siswa melalui program unit produksi dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembentukan soft-skills dan hard-skills siswa teknik pemesinan di SMK Sore Tulungagung serta untuk mengetahui levelnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Sore Tulungagung. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang dimana data akan diolah secara terus menerus sampai tuntas hingga menjadi data jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwasoft-skills siswaTeknik Pemesinan SMK Sore Tulungagung dapat dilihat dari sikap siswa yang terdiri dari sikap betanggung jawab, jujur, komunikatif, disiplin, dan berakhlak mulia.Guru memiliki cara dalam membentuk soft-skills siswa yaitu dengan motivasi, arahan atau bimbingan, serta mewadahi kemampuan siswa. Hard-skills siswa Teknik Pemesinan SMK Sore Tulungagung meliputi mapel yang diampuh yang terdiri dari pemesinan bubut, pemesinan CNC, pemesinan fraiz, gambar teknik, mesin bor, mesin gerinda, dan mesin skrap. Jobsheet praktek untuk menunjang pembentukan hard-skills siswa, yang dimana nantinya dapat bersaing dalam DU/DI. Ada juga upaya guru dalam membentuk hard-skills siswa yaitu melalui program Unit Produksi dan Jasa yang dimana sekolah menyediakan program produksi meja, kursi, tangga minimalis, rak buku, dan kasur. Sedangkan program jasa meliputi perbaikan motor dan pengelasan. Tingkat soft-skills dan hard-skills siswa ini dapat dilihat dari seberapa pentingnya tingkah laku didalam kelas, tepat waktu, disiplin, dan bertanggung jawab. Penilaian tingkat soft-skills ini juga dapat dilakukan dengan penilaian pengetahuan yang dimana memiliki KKM 75 untuk penilaian pengetahuan. Sedangkan tingkat hard-skills dapat dinilai dari cara pengoperasian mesin, jobsheet yang diberikan, K3, kerjasama, dan keterampilan praktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Soft-skills, Hard-skills, Teknik Pemesinan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:07
Last Modified: 26 Jun 2023 02:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item