Maulidiya, Mega (2023) Pengaruh project-based learing (PJBBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis / Mega Maulidiya</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Blended Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukukan di kelas XI MIPA 3 MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre-eksperimen One group pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan jumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis pada pretset dan postest. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kategori tinggi sebanyak 20% kategori sedang 65% dan rendah 15%. Semua indikator kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Indikator yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah useful description dari rata-rata nilai 23 7% menjadi 74 6%. Sedangkan logical progression merupakan indikator yang masih sulit diselesaikan oleh sebagian kecil siswa dengan peningkatan rata-rata nilai 16 8% menjadi 45 1%. Kesimpulannya adalah model Project Based Blended Learning berpengaruh dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis meskipun belum maksimal karena terdapat beberapa siswa yang masih di bawah nilai ketuntasan. Faktor belum maksimalnya kemampuan pemecahan masalah siswa antara lain pengerjaan soal masih ada beberapa siswa yang melewatkan mengerjakan beberapa indikator dan hanyak mengerjakan beberapa nomor soal saja. Faktor penyebab meningkatnya kemampuan pemecahan masalah siswa antara lain karena siswa mulai terlatih memecahkan masalah saat pengerjaan proyek dan menerapkannya saat pengerjaan soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |