Efektivitas penggunaan asesmen hots dalam model pembelajaran flipped classroom pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Maymunah Anggraini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan asesmen hots dalam model pembelajaran flipped classroom pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Maymunah Anggraini</p>

Anggraini, Maymunah (2023) Efektivitas penggunaan asesmen hots dalam model pembelajaran flipped classroom pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Maymunah Anggraini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad-21. Dalam proses pembelajaran fisika hadirnya sebuah model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan dalam hal ini adalah model pembelajaran Flipped Classroom yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mampu membuat siswa lebih aktif di dalam kelas. Keterbaruan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Flipped Classroom masih belum digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya materi gerak lurus dan asesmen yang digunakan masih dalam ranah berpikir tingkat rendah. Oleh karena itu diperlukannya asesmen yang bisa membuat siswa berpikir tingkat tinggi yaitu asesmen HOTS yang meliputi soal menganalisis (C4) mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Dengan demikian mengkombinasikan asesmen HOTS dalam model pembelajaran Flipped Classroom akan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan asesmen HOTS dalam model pembelajaran Flipped Classroom pada materi gerak lurus terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design dengan sampel siswa MAN Kota Batu kelas X MIPA 1 berjumlah 31 siswa. Untuk menguji efektivitas dari penggunaan asesmen HOTS dalam model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan uji Paired sample t-Test dan analisis gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil uji Paired sample t-Test diperoleh t hitung gt t tabel 17 44 gt 2 042 maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan berupa penggunaan asesmen HOTS dalam model pembelajaran Flipped Classroom. Skor persentase N-gain pada indikator interpretation 55 76% indikator analysis 53 4% indikator evaluation 29 27% dan pada indikator inference 30 64%. Hasil tersebut terlihat bahwa asesmen HOTS dalam model pembelajaran Flipped Classroom mampu meningkatkan indikator interpretation dan analysis tetapi belum mampu meningkatkan indikator evaluation dan inference secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286191

Actions (login required)

View Item View Item