Iksan, Lisa Amalia (2023) Pengembangan e-book berbasis learning cycle 7e-stem disertai asesmen formatif pada konsep alat-alat optik dalam upaya meningkatkan kemampuan problem solving siswa / Lisa Amalia Iksan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya kemampuan problem solving siswa khususnya pada materi alat-alat optik menjadi tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif serta efisien karenanya diperlukan rencana dan strategi yang tepat dalam menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-Book berbasis learning cycle 7E - STEM disertai asesmen formatif untuk mengupayakan peningkatan kemampuan problem solving siswa khususnya pada konsep alat-alat optik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) yang mengadaptasi tahapan model 4D dan dilaksanakan sampai tahap develop. e-Book yang dikembangkan dapat diakses melalui perangkat elektronik dan dilengkapi dengan link yang dapat terhubung pada objek tertentu seperti video gambar maupun bagian-bagian penting lainnya di dalam e-Book. Produk yang dikembangkan kemudian diuji dan divalidasi oleh dua orang validator dan 21 siswa SMA Negeri 1 Genteng untuk uji kepraktisan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan e-Book yang dikembangkan memperoleh persentase 100% untuk kevalidan media 98% untuk kevalidan materi serta 97% untuk kevalidan RPP pendukung sedang uji kepraktisan e-Book memperoleh persentase 96%. Berdasarkan hasil tersebut maka E-book yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |