Model pembelajaran learning cycle 5e disertai e-scaffolding konseptual pada hasil belajar siswa SMA kelas xi materi suhu dan kalor / Lilia Fitria Rani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran learning cycle 5e disertai e-scaffolding konseptual pada hasil belajar siswa SMA kelas xi materi suhu dan kalor / Lilia Fitria Rani</p>

Rani, Lilia Fitria (2023) Model pembelajaran learning cycle 5e disertai e-scaffolding konseptual pada hasil belajar siswa SMA kelas xi materi suhu dan kalor / Lilia Fitria Rani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami konsep suhu dan kalor menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor setelah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E disertai e-scaffolding konseptual. Pemberian e-scaffolding konseptual ini bertujuan untuk membantu siswa menyederhanakan materi yang kompleks dan mengembangkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara kolaboratif hingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed method dengan desain Embedded Design. Sebanyak 37 siswa dari kelas XI MIPA 3 di SMAN 01 Batu menjadi subjek penelitian ini. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diukur dengan 12 pertanyaan pilihan ganda wawancara dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh bahwa ada perbedaan skor pretest dan posttest yang saling dominan pada kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan ada indikasi peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor setelah penerapan model Learning Cycle 5E disertai e-scaffolding konseptual. Selain itu uji N-Gain menghasilkan nilai sebesar 0.57 (kategori medium atas) dan uji d-effect size menghasilkan nilai sebesar 1.25 (kategori efek sangat besar) mengindikasikan bahwa model pembelajaran ini memberikan dampak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian selanjutnya mengenai penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan e-scaffolding konseptual perlu diperhatikan alokasi waktu disetiap tahapan yang terdapat pada model Learning Cycle 5E.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286185

Actions (login required)

View Item View Item