Pengembangan e-modul fisika dilengkapi dengan proyek materi gerak melingkar beraturan untuk meminimalisasi miskonsepsi siswa / Debora Wanudya Kalyana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul fisika dilengkapi dengan proyek materi gerak melingkar beraturan untuk meminimalisasi miskonsepsi siswa / Debora Wanudya Kalyana</p>

Kalyana, Debora Wanudya (2023) Pengembangan e-modul fisika dilengkapi dengan proyek materi gerak melingkar beraturan untuk meminimalisasi miskonsepsi siswa / Debora Wanudya Kalyana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi merupakan faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran karena dapat menjadi penghalang terciptanya pembelajaran yang bermakna. Miskonsepsi yang masih sering terjadi pada siswa adalah Gerak Melingkar Beraturan. Salah satu cara untuk meminimalisasi miskonsepsi Gerak Melingkar Beraturan dengan memberikan suatu bahan ajar dalam bentuk e-modul Fisika. Ada beberapa e-modul yang dapat meminimalisasi miskonsepsi siswa mengenai Gerak Melingkar Beraturan. Namun beberapa e-modul yang telah disajikan masih memiliki beberapa kekurangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul fisika dilengkapi dengan proyek materi gerak melingkar beraturan menggunakan Software Flip PDF Corporate Edition untuk meminimalisasi miskonsepsi siswa dengan mengetahui kevalidan kepraktisan serta keterbacaan. Penelitian yang dirancangkan termasuk dalam penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D (Define Design Develop dan Disseminate). Subjek dari penelitian yang dikembangkan adalah dosen Fisika sebagai validator ahli media dan ahli materi serta siswa-siswi kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Batu sebagai calon pengguna dengan jumlah responden 20 siswa. Metode analisis data yang digunakan yakni teknik deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan uji validasi materi dan media didapatkan persentase rata-rata sebesar 98 06% sehingga produk tergolong sangat valid. Berdasarkan uji kepraktisan siswa didapatkan persentase sebesar 89 06% sehingga produk tergolong sangat praktis. Berdasarkan uji keefektivitasan siswa diperoleh dari Uji Gain Ternormalisasi (N-Gain score) sebesar 0 72 yang tergolong sangat tinggi dan persentase N-Gain score sebesar 71 69 yang tergolong dalam cukup efektif untuk diterapkan pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286184

Actions (login required)

View Item View Item