Analisis kesulitan siswa SMA pada materi hukum newton adaptasi instrumen force concept inventory (fci) / Mutammimatul abidah Azzahidah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan siswa SMA pada materi hukum newton adaptasi instrumen force concept inventory (fci) / Mutammimatul abidah Azzahidah</p>

Azzahidah, Mutammimatul 'abidah (2023) Analisis kesulitan siswa SMA pada materi hukum newton adaptasi instrumen force concept inventory (fci) / Mutammimatul abidah Azzahidah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan mengkaji lebih lanjut terkait kesulitan siswa kelas XI dalam mengerjakan soal Hukum Newton diadaptasi dari FCI. Penelitian dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang. Responden penelitian berjumlah 86 siswa terdiri atas 50 siswa perempuan dan 36 siswa laki-laki. Semua responden telah memperoleh materi Hukum Newton di kelas X. Instrumen penelitian terdiri atas 9 butir soal pilihan ganda yang diadaptasi dari Force Concept Inventory (FCI). Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dan persentase jawaban benar pada setiap indikator dan tiap opsi jawaban. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan siswa pada materi Hukum Newton yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dibuktikan dengan rerata sebesar 33 3% dalam kategori sangat rendah. Kesulitan paling tinggi terdapat pada indikator menganalisis gaya yang bekerja pada benda. Siswa belum mampu menerapkan Hukum Newton secara benar dalam mengerjakan soal dan lebih banyak menggunakan intuisi dalam menentukan interaksi gaya pada kasus-kasus tertentu. Guru perlu memberikan pelatihan pada siswa terkait interaksi antar benda yang menimbulkan gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286183

Actions (login required)

View Item View Item