Pengembangan e-module berbasis tes diagnostik dan scaffolding konseptual yang berpeluang mereduksi miskonsepsi pada topik fluida statis / Dima Syafa\'a Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis tes diagnostik dan scaffolding konseptual yang berpeluang mereduksi miskonsepsi pada topik fluida statis / Dima Syafa\'a Nabila

Nabila, Dima Syafa'a Nabila (2023) Pengembangan e-module berbasis tes diagnostik dan scaffolding konseptual yang berpeluang mereduksi miskonsepsi pada topik fluida statis / Dima Syafa\'a Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi fundamental fluida statis meliputi tekanan hidrostatis hukum Pascal dan prinsip Archimedes merupakan materi yang penting dan aplikatif dalam fisika. Akan tetapi masih ditemukan miskonsepsi pada materi tersebut. Miskonsepsi dapat diidentifikasi melalui tes diagnostik dan diatasi dengan scaffolding konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-module yang memenuhi kriteria dari validasi materi validasi media uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model 4D (Define Design Develop dan Disseminate). Penelitian dilakukan sampai tahap develop dengan diuji coba secara terbatas pada 20 mahasiswa Departemen Fisika Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar. Tes diagnostik pada e-module terletak pada awal setiap kegiatan pembelajaran. Sedangkan scaffolding konseptual terdapat pada uraian materi dan latihan soal. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan dari hasil validasi e-module oleh 3 ahli dan uji kepraktisan serta uji keterbacaan oleh mahasiswa. Hasil validasi materi e-module sebesar 87 7% dan validasi media sebesar 88 3% yang menandakan e-module tergolong sangat valid. Hasil uji kepraktisan e-module mendapatkan persentase sebesar 94 3% dalam kategori sangat praktis yang menandakan e-module mudah digunakan. Sedangkan hasil uji keterbacaan menunjukkan hasil persentase sebesar 93 9% tergolong dalam kategori sangat baik. Saran pengembangan berikutnya agar e-module dapat dilanjutkan terkait fenomena fluida statis penambahan tingkatan pada tes diagnostik dan diuji lebih lanjut apakah dapat memperbaiki miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286181

Actions (login required)

View Item View Item