Pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 02 Malang) / Jaza Pramudya Amru - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 02 Malang) / Jaza Pramudya Amru

Jaza Pramudya Amru (2008) Pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 02 Malang) / Jaza Pramudya Amru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fungsi pengembangan intelektual belajar siswa yang merupakan keberhasilan dari strategi pembelajaran secara faktual diimplementasikan berdasarkan kebebasan berpikir dan bertindak yang dapat dilakukan melalui proses pendidikan dan pelatihan. Dalam usaha mencapai tujuan pendidikan peserta didik dituntut untuk memberikan kreatifitas keterampilan dan sikap ilmiah dalam memecahkan suatu masalah. Salah satu kewajiban guru dalam usaha tersebut adalah memberikan sejumlah informasi kepada peserta didik dengan berbagai metode tidak hanya menggunakan metode ceramah atau biasa disebut dengan pembelajaran konvensional sebagaimana umumnya digunakan oleh guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik melainkan dengan metode pembelajaran yang lebih bervariasi yang melibatkan peserta didik untuk aktif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Administrasi Pekantoran SMK PGRI 02 Malang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuosioner serta dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan dari 80 responden 62 5% mempunyai persepsi tentang fasilitas pengajaran yang cukup terhadap fasilitas pengajaran dan 27 5% tergolong mempunyai persepsi baik. Sedangkan untuk motivasi belajar sebanyak 48 75% responden mempunyai motivasi yang tinggi dan 46 25% mempunyai motivasi belajar yang sedang. Untuk prestasi belajar sebanyak 67 5% responden mempunyai prestasi belajar dalam kategori cukup dan 32 5% mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas pengajaran terhadap prestasi belajar terbukti dengan nilai t hitung 5 956 lebih besar dari nilai t tabel (77 0 05) 2 002 sedangkan motivasi belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar simultan hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 8 622 lebih besar dari nilai t tabel (77 0 05) 2 002. Secara simultan dapat dikatakan ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat diperoleh dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai 1 2 059 2 2 907 nilai F hitung 59 479. Nilai ini selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai Ftabel (2 77 0 05) 3 158. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap fasilitas pengajaran siswa jurusan Administrasi Pekantoran SMK PGRI 02 Malang masih dalam kategori cukup. Sedangkan motivasi belajar siswa jurusan Administrasi Pekantoran SMK PGRI 02 Malang sudah dalam kategori tinggi. Persepsi siswa terhadap fasilitas sekolah adalah penilaian siswa terhadap faktor-faktor pendukung kegiatan belajar mengajar yang nantinya akan mendorong semangat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar secara optimal sehingga pada akhrinya akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Sedangkan fungsi motivasi adalah sebagai pendorong dan pencapaian prestasi. Dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi maka seseorang yang melakukan kegiatan belajar akan dapat menghasilkan prestasi yang baik. Saran yang dapat diberikan penulis adalah kepada Kepala Sekolah hendaknya lebih memperhatikan dan meningkatkan persepsi yang positif kepada siswa yaitu dengan cara memperbaiki atau meningkatkan kuantitas maupun kualitas fasilitas pengajaran. Sehingga siswa terdorong untuk lebih giat belajar dan berprestasi dengan optimal. Sedangkan kepada Pendidik atau guru hendaknya dapat meningkatkan lagi pemberian motivasi belajar agar siswa akan lebih semangat dalam belajar yaitu dengan cara menggunakan metode mengajar yang bervariasi dan pemberian tugas rumah. Sehingga prestasi yang dicapai oleh siswa optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28618

Actions (login required)

View Item View Item