Handayani, Puput Putri (2023) Analisis peningkatan penguasaan konsep dipengaruhi model problem based learning terintegrasi teknik probing prompting pada materi suhu dan kalor siswa kelas XI MAN 1 Malang / Puput Putri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep materi suhu dan kalor menyebabkan penguasaan konsep siswa rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep melalui penggunaan model problem based learning terintegrasi teknik probing prompting terhadap materi suhu dan kalor pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Malang. Hasil analisis penelitian berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Peningkatan penguasaan konsep pada materi suhu dan kalor dengan model problem based learning terintegrasi teknik probing prompting adalah tinggi ditunjukkan dari hasil N-gain sebesar 0 7757 dan d-effect size sebesar 1 975. Penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning terintegrasi teknik probing prompting dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian selanjutnya terkait penerapan problem based learning terintegrasi teknik probing prompting perlu memperhatikan pembagian waktu disetiap tahapan pada model problem based learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:13 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |