Pengembangan instrumen penilaian berbentuk soal isomorfik berbasis powerpoint untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep kuat arus listrik / Herta Muflihatin Nisa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian berbentuk soal isomorfik berbasis powerpoint untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep kuat arus listrik / Herta Muflihatin Nisa</p>

Nisa, Herta Muflihatin (2023) Pengembangan instrumen penilaian berbentuk soal isomorfik berbasis powerpoint untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep kuat arus listrik / Herta Muflihatin Nisa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yaitu instrumen penilaian berbentuk soal isomorfik berbasis komputer dengan feedback untuk mengidentifikasi miskonsepsi diri siswa pada konsep kuat arus listrik dan mengetahui kelayakan beserta kepraktisan produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE sampai pada tahap development. Validator dari produk ini adalah dua dosen ahli materi dan media dan satu guru mata pelajaran fisika. Hasil penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan skor validasi butir soal adalah 100% dan validasi media didapatkan hasil sebesar 94% pada kategori sangat layak. Sedangkan validasi instrumen isomorfik dan validasi kesesuaian dengan upaya mengidentifikasi miskonsepsi siswa dengan media yang telah dikembangkan mendapatkan hasil rata ndash rata 100% pada kategori sangat layak. Selain itu uji kepraktisan oleh siswa juga termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dengan hasil rata ndash rata 92% dan dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi miskonsepsi diri siswa terutama pada konsep kuat arus listrik. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan uji efektivitas dari produk ini lalu disarankan untuk peneliti lain mengembangkan produk yang serupa dengan materi fisika yang lebih lengkap dan menambahkan profil siswa beserta skor numerik pada produk pengembangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286177

Actions (login required)

View Item View Item