Maisyaroh, Delilah Nur (2023) Analisis kemampuan pemahaman konsep fluida statis siswa SMA menggunakan pemodelan rasch / Delilah Nur Maisyaroh</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas XI IPA topik pembelajaran Fluida Statis memanfaatkan analisis pemodelan Rasch. Metode penelitian menerapkan cross-sectional survey menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari survey yang dilakukan pada 54 siswa SMA kelas XI IPA di kota Malang. Instrumen penelitian berupa 13 soal pilihan ganda pemahaman konsep topik fluida statis. Analisis data survey memanfaatkan pemodelan Rasch berbantuan software Ministep versi 4.8.2.0. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan pemahaman konsep fluida statis siswa berkategori cukup baik dan didominasi oleh siswa dengan tingkat kemampuan berkategori tinggi sedang. Hasil sebaran kemampuan pemahaman konsep fluida statis siswa sebagian besar berada diatas standar kesulitan butir soal. Analisis Rasch mengungkapkan bahwa konsep yang dianggap sulit bagi siswa adalah konsep hukum Pascal dan prinsip Archimedes. Ditemukan kesulitan siswa dalam mengimplementasikan perhitungan matematis pada analisis konseptual pada topik hukum Pascal disebabkan kesalahan pemahaman esensi konsep matematis pada topik hukum Pascal. Pembelajaran terkait contoh penerapan konsep dan prinsip fluida statis dalam kehidupan mampu membantu siswa untuk memahami konsep fluida statis sesuai pemahaman yang tepat secara ilmiah. Hasil analisis dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan lebih lanjut bagi pengajar guna merancang dan menyusun strategi pembelajaran yang memungkinkan untuk membangun pemahaman yang benar serta mampu membantu siswa mengatasi kesulitan yang ditemuinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |