Efektivitas feedback formatif berbasis moodle dengan soal multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma materi gerak lurus / Nur Rizka Faridhatul Qhusna</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas feedback formatif berbasis moodle dengan soal multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma materi gerak lurus / Nur Rizka Faridhatul Qhusna</p>

Qhusna, Nur Rizka Faridhatul (2023) Efektivitas feedback formatif berbasis moodle dengan soal multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma materi gerak lurus / Nur Rizka Faridhatul Qhusna</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa SMA dengan pemberian feedback formatif berbasis Moodle dengan soal multi representasi pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 2 di MA Negeri 1 Kota Kediri dengan jumlah siswa dalam satu kelas adalah 33 siswa yang telah menempuh materi Gerak Lurus. Setiap sampel akan melakukan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik pada kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan berupa pemberian feedback formatif melalui website Moodle dengan soal multi representasi. Hal ini dibuktikan oleh hasil t-Test yang memperoleh nilai p value lebih kecil dari 0 05. Selain itu juga diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest yang meningkat dari 49 ke 90 serta dilanjutkan dengan uji N-gain dan diperoleh nilai N-gain untuk keseluruhan representasi sebesar 0 80 dengan kategori peningkatan pemahaman konsep siswa yang tinggi terhadap pemberian feedback formatif melalui website Moodle dengan soal multi representasi pada materi gerak lurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286174

Actions (login required)

View Item View Item