Pengembangan buku digital berbasis scaffolding dan free-body diagrams (fbds) yang berpeluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi dinamika partikel / Nur Layly Alfina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku digital berbasis scaffolding dan free-body diagrams (fbds) yang berpeluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi dinamika partikel / Nur Layly Alfina

Alfina, Nur Layly Alfina (2023) Pengembangan buku digital berbasis scaffolding dan free-body diagrams (fbds) yang berpeluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi dinamika partikel / Nur Layly Alfina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi dinamika partikel merupakan salah satu materi dasar dalam ilmu fisika sehingga memiliki berbagai permasalahan kompleks yang berkaitan dengan gaya dan gerak benda. Untuk mengatasi permasalahan dinamika partikel maka dibutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang baik namun masih dijumpai kemampuan pemecahan masalah yang masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi dinamika partikel dapat diatasi dengan pemberian scaffolding dan free-body diagrams (FBDs) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari produk berupa buku digital berbasis scaffolding dan free-body diagrams (FBDs) yang berpeluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi dinamika partikel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development (R amp D) dengan model 4-D (Define Design Develop Disseminate). Penelitian ini dilakukan hingga pada tahap develop berupa pengembangan produk buku digital dan diuji cobakan secara terbatas kepada 18 mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah fisika dasar 1 utamanya materi dinamika partikel. Data yang diperoleh dari penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi produk oleh dua ahli dan uji keterbacaan serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil validasi produk dari segi materi sebesar 87% dengan kategori sangat valid sedangkan untuk hasil validasi media sebesar 90% yang berkategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan kepada mahasiswa menunjukkan hasil persentase sebesar 93% yang menunjukkan bahwa keterbacaan dari produk termasuk kategori sangat baik. Untuk uji kepraktisan produk mendapatkan hasil persentase sebesar 94% yang menunjukkan bahwa produk telah praktis dan mudah digunakan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penyebaran produk pada uji skala besar sehingga dapat diketahui keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286173

Actions (login required)

View Item View Item