Rosanah, Jauhar Rosanah (2023) Pengembangan e-book berbasis scaffolding konseptual dengan corrective feedback yang berpeluang meningkatkan pemahaman konsep pada materi hukum newton tentang gravitasi / Jauhar Rosanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran fisika pada hakikatnya bertujuan mengantarkan pemahaman siswa dalam memahami konsep dan hubunganya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi masih dijumpai rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kesulitan memahami konsep fisika termasuk pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Permasalahan tersebut dapat direduksi dengan penyajian media dalam bentuk e-book pemberian scaffolding konseptual dan soal corrective feedback dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-book berbasis scaffolding konseptual dengan corrective feedback yang berpeluang meningkatkan pemahaman konsep pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Jenis penelitian yang dilakukan yakni RnD (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define Design Development Desseminate). Penelitian dilakukan hingga tahap pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media angket kepraktisan dan angket keterbacaan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1. Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan produk berupa e-book berbasis scaffolding konseptual dengan corrective feedback yang berpeluang meningkatkan pemahaman konsep pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini merupakan data kuantitatif berupa hasil skor validasi kepraktisan dan keterbacaan serta data kualitatif berupa saran dan komentar dari dua validator ahli dan responden. Hasil analisis rata-rata kelayakan produk yakni berupa hasil uji validasi materi oleh validator ahli sebesar 89 4% dengan kategori sangat valid hasil validasi media sebesar 92 4% dengan kategori sangat valid uji keterbacaan e-book sebesar 94 0% dengan kategori sangat baik dan uji kepraktisan sebesar 94 4% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. Luaran produk yang dihasilkan berupa flipbook dan dapat diakses pada laptop/PC. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menyajikan luaran dalam bentuk html agar dapat digunakan dalam berbagai perangkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |