Pengembangan e-book berbasis scaffolding konseptual yang berpeluang meningkatkan self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls / Amira Setiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book berbasis scaffolding konseptual yang berpeluang meningkatkan self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls / Amira Setiyani

Setiyani, Amira Setiyani (2023) Pengembangan e-book berbasis scaffolding konseptual yang berpeluang meningkatkan self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls / Amira Setiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Momentum dan impuls merupakan salah satu materi aplikatif dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat dalam mempelajari materi fisika selanjutnya. Akan tetapi kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy terhadap materi momentum dan impuls masih tergolong rendah dan kurang optimal. Salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy pada materi momentum dan impuls yaitu dengan pemberian scaffolding konseptual pada bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-book berbasis scaffolding konseptual pada materi momentum dan impuls yang tervalidasi dan teruji keterbacaan serta kepraktisannya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R amp D) dengan model 4D (Define Design Develop Disseminate). Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop yang kemudian diuji cobakan secara terbatas kepada 15 mahasiswa departemen fisika Universitas Negeri Malang yang sedang dan atau telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar I terutama pada topik momentum dan impuls. Produk yang dikembangkan berupa e-book berbasis scaffolding konseptual dalam bentuk peta konsep uraian materi yang terstruktur pemberian highlight pemberian contoh soal latihan soal penilaian diri dan soal evaluasi. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi materi validasi media uji keterbacaan dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil uji kelayakan yang meliputi validasi materi yang menunjukkan persentase 84 17% dikategorikan ke dalam kriteria valid dan validasi media menunjukkan hasil persentase 86 65% dikategorikan ke dalam kriteria sangat valid sedangkan untuk hasil uji keterbacaan menghasilkan persentase 95 5% masuk dalam kriteria sangat baik kemudian untuk uji kepraktisan menghasilkan persentase 94 9% masuk ke dalam kriteria sangat baik. Secara keseluruhan hasil kelayakan e-book dapat dinyatakan layak dan siap digunakan untuk pembelajaran. Implikasi dan saran penelitian ini dijelaskan lebih lanjut di dalam artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286170

Actions (login required)

View Item View Item