Pengaruh faktor intern dan faktor ekstern siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas III SMK Ardjuno 01 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Putri Kurnia Mahanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor intern dan faktor ekstern siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas III SMK Ardjuno 01 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Putri Kurnia Mahanani

Putri Kurnia Mahanani (2009) Pengaruh faktor intern dan faktor ekstern siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas III SMK Ardjuno 01 Malang tahun ajaran 2007/2008 / Putri Kurnia Mahanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perbaikan kualitas sumber daya manusia khusunya kualitas pendidikan merupakan langkah awal yang harus dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapi persaingan globalisasi. Keberhasilan pendidikan seseorang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor kesehatan kecerdasan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dan lingkungan yang mempengaruhi anak tersebut. Keberhasilan belajar dapat dilihat dari pencapaian prestasi atau hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tentunya tidak setiap proses belajar mengajar dilalui secara sempurna pasti ada kendala atau kesulitan. Hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Faktor internal (dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (dari luar diri siswa) akan sangat mempengaruhi keberhasilan dan kesuksesan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi faktor intern siswa SMK Ardjuna 01 Malang Kondisi faktor ekstern siswa SMK Ardjuna 01 Malang Prestasi belajar siswa SMK Ardjuna 01 Malang Pengaruh intern (Kesehatan/Fisik Intelegensi Bakat Minat Motivasi Kesehatan mental) terhadap prestasi belajar siswa SMK Ardjuna 01 Malang Pengaruh faktor ekstern (Orangtua Suasana Rumah Ekonomi Keluarga Guru Faktor Alat Kondisi Gedung Kurikulum Waktu dan Kedisiplinan Media massa Lingkungan sosial) terhadap prestasi belajar siswa SMK Ardjuna 01 Malang Pengaruh faktor kesulitan intern dan faktor ekstern terhadap prestasi belajar siswa SMK Ardjuna 01 Malang. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif dan statistik inferensial. Adapun materi dalam penelitian ini adalah faktor-faktor baik secara internal maupun eksternal. Populasi penelitian ini adalah kelas III SMK Ardjuno 01 Malang sejumlah 133 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Kemudian sampel penelitian ditentukan sebanyak 58 siswa atau sebesar 30% dari masing-masing program keahlian siswa kelas III SMK Ardjuno 01 Malang sebagai responden. Berdasarkan pengolahan data dan analisis regresi linear berganda dapat diperoleh hasil yang menyatakan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor intern (Kesehatan/Fisik Intelegensi Bakat Minat Motivasi Kesehatan mental) terhadap prestasi belajar siswa kelas III SMK Ardjuno 01Malang (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor ekstern (Orangtua Suasana Rumah Ekonomi Keluarga Guru Faktor Alat Kondisi Gedung Kurikulum Waktu dan Kedisiplinan Media massa Lingkungan sosial) terhadap prestasi belajar siswa kelas III SMK Ardjuno 01 Malang. (3) Faktor intern dan faktor ekstern secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Ardjuna 01 Malang. Prestasi belajar hanya dapat dijelaskan oleh variabel bebas (X1 X2) sebesar 55.1 % dan sisanya 44 9 % dijelaskan oleh variabel lain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor ekstern merupakan variabel yang paling efektif alam mempengaruhi prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari sumbangan efektifnya sebesar 29.2 % dan sumbangan relatifnya sebesar 53%. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran-saran yang dapat diajukan adalah (1) Bagi siswa-siswi kelas III SMK Arjduno 01 Malang diharapkan dapat mengembangkan kualitas dan potensi diri dengan banyak membaca buku dan mengakses berita atau informasi serta teknologi meningkatkan keaktifan dan partisipasi kelas dalam proses belajar mengajar Lebih selektif dalam memilih lingkungan pergaulan.(2) Bagi SMK Ardjuno 01 Malang Sebaiknya guru dapat mengarahkan dan mengembangkan minat siswa kelas III Fasilitas alat ajar gedung sekolah dan buku-buku perpustakaan seharusnya lebih baik secara kualitas maupun kuantitas Peningkatan kedisiplinan pengajaran dan kualitas hubungan sosial antara guru dengan siswa.(3) Bagi Penelitian berikutnya diharapkan Memperbanyak ragam sample dan menambah indikator variable baik faktor internal maupun faktor eksternal Dapat dilakukan penelitian untuk sekolah-sekolah yang berprestasi atau sekolah favorit baik milik swasta maupun negeri ataupun sekolah-sekolah kejuruan khusus misalnya SMK Perhotelan dsb.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28617

Actions (login required)

View Item View Item