Pengembangan e-modul berbasis predict-observe-explain dilengkapi soal asesmen kompetensi minimum pada materi gerak lurus sebagai upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan bernalar siswa madrasah aliyah / Ela Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis predict-observe-explain dilengkapi soal asesmen kompetensi minimum pada materi gerak lurus sebagai upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan bernalar siswa madrasah aliyah / Ela Agustin

Agustin, Ela Agustin (2023) Pengembangan e-modul berbasis predict-observe-explain dilengkapi soal asesmen kompetensi minimum pada materi gerak lurus sebagai upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan bernalar siswa madrasah aliyah / Ela Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerak lurus merupakan materi dasar dan penting dipahami untuk mempermudah dalam mempelajari materi fisika selanjutnya. Akan tetapi masih ditemukan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi gerak lurus dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan. Hal ini dikarenakan keterampilan proses sains dan keterampilan bernalar siswa masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi perangkat pembelajaran khususunya bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis predict-observe-explain dilengkapi dengan soal asesmen kompetensi minimum pada materi gerak lurus sebagai upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan bernalar siswa madrasah aliyah yang valid terbaca dan praktis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R amp D (Research amp Development) dengan model 4D yaitu Define Design Develop dan Disseminate. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator (dosen dan guru fisika yang berpengalaman mengajar fisika lebih dari 5 tahun). Uji kepraktisan dan keterbacaan dilakukan oleh 28 siswa kelas XI MAN 2 Malang. Penelitian ini menghasilkan e-modul materi gerak lurus dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat berbasis android dan telah memenuhi karakteristik e-modul yang baik. E-modul dikembangkan dengan tahapan pembelajaran predict-observe-explain (POE) dalam setiap kegiatan belajar yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Selain itu e-modul juga dilengkapi dengan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) pada materi gerak lurus yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan bernalar siswa. E-modul yang telah dikembangkan memiliki kriteria (a) hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa shy e-modul yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat valid dengan rerata kevalidan sebesar 3 82 atau 95 5% (b) hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa e-modul tergolong dalam kriteria sangat praktis dengan rerata kepraktisan sebesar 95 7% dan (c) hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat baik dengan rerata keterbacaan sebesar 98 6%. E-modul yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam mempelajari materi gerak lurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286168

Actions (login required)

View Item View Item