Nugraha, Nanda Dwi (2023) Pengaruh gender terhadap pemahaman konsep fluida dinamis siswa SMA Kelas xi MIPA / Nanda Dwi Nugraha</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gender terhadap pemahaman konsep fluida dinamis siswa SMA kelas XI MIPA. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif disertai uji komparatif. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di salah satu SMA Negeri Kota Malang. Subjek penelitian meliputi siswa SMA kelas XI MIPA 2 XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 berjumlah 75 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas tes pemahaman konsep fluida dinamis berjumlah 15 soal pilihan ganda beralasan. Analisis butir soal dilakukan menggunakan analisis Rasch model. Berdasarkan analisis butir soal didapatkan nilai Cronbach s alpha sebesar 0 61 termasuk dalam kategori cukup bagus. Analisis data dilakukan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data memperlihatkan adanya pengaruh gender terhadap pemahaman konsep fluida dinamis siswa dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih tinggi dibanding nilai t tabel. Nilai t hitung adalah 2 45 sedangkan nilai t tabel adalah 1 99. Siswa perempuan lebih paham konsep fluida dinamis dibanding siswa laki-laki dibuktikan dengan persentase pemahaman konsep dilihat dari nilai rerata siswa perempuan sebesar 67 42% dan siswa laki-laki sebesar 57 94%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/286165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |