Kesulitan belajar peserta didik SMA pada materi hukum newton: analisis butir tes pilihan ganda isomorfik / Achmat Muhajir</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesulitan belajar peserta didik SMA pada materi hukum newton: analisis butir tes pilihan ganda isomorfik / Achmat Muhajir</p>

Muhajir, Achmat (2023) Kesulitan belajar peserta didik SMA pada materi hukum newton: analisis butir tes pilihan ganda isomorfik / Achmat Muhajir</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi kesulitan belajar pada Hukum Newton dengan butir tes pilihan ganda Isomorfik pada tingkat sekolah menengah atas. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Maret 2023 dengan menggunakan sampel 149 peserta didik kelas X SMAN di kota Kediri dan 142 peserta didik kelas XI MAN di kota Malang. Tes pilihan ganda Isomorfik yang digunakan berjumlah 15 butir tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep peserta didik pada Hukum Newton sangat rendah dengan perbedaan nilai SMAN dan MAN tidak berbeda signifikan serta proporsi peserta didik yang tergolong kategori menguasai sebesar 3 0 %. Identifikasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik terdapat pada Hukum Newton I tentang gaya gesek dan sistem katrol. Kesulitan belajar ini berasal dari intuisi peserta didik yang salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286163

Actions (login required)

View Item View Item