Pengembangan e-book terintegrasi multirepresentasi dan scaffolding konseptual dengan soal HOTS sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi / Danny Firmansyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book terintegrasi multirepresentasi dan scaffolding konseptual dengan soal HOTS sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi / Danny Firmansyah</p>

Firmansyah, Danny (2023) Pengembangan e-book terintegrasi multirepresentasi dan scaffolding konseptual dengan soal HOTS sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi / Danny Firmansyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi usaha dan energi merupakan materi yang tergolong kompleks dan membutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang baik akan tetapi masih dijumpai rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi tersebut. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi salah satunya dapat diatasi dengan penggunaan multirepresentasi scaffolding konseptual dan soal High Order Thinking Skills (HOTS) dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk berupa e-book yang terintegrasi multirepresentasi dan scaffolding konseptual dengan soal HOTS pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Penelitian ini dilakukan hingga tahap Development di mana e-book yang dikembangkan diuji cobakan secara terbatas kepada 18 mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang yang sedang atau telah menempuh mata kuliah fisika dasar 1 terutama materi usaha dan energi. E-book yang dikembangkan mengintegrasikan multirepresentasi scaffolding konseptual di bagian contoh soal dan latihan soal dan soal HOTS di latihan soal dan evaluasi yang mana ketiga unsur tersebut tercantum pada setiap bab. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi produk oleh dua ahli serta uji keterbacaan dan uji kepraktisan yang dilakukan oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil validasi produk dari segi materi yaitu sebesar 89 7% dan dari segi media yaitu sebesar 96 0% yang tergolong sangat valid. Hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan kepada mahasiswa menunjukkan hasil persentase sebesar 91 6% yang menandakan bahwa keterbacaan produk tergolong dalam kriteria sangat baik. Sedangkan untuk hasil uji kepraktisan produk mendapatkan hasil persentase sebesar 93 0% yang menandakan bahwa produk praktis dan mudah untuk digunakan. Implikasi serta rekomendasi dalam penelitian dijelaskan lebih lanjut di dalam artikel ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 06:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286159

Actions (login required)

View Item View Item