Efektivitas asesmen formatif menggunakan soal isomorfik disertai feedback untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi hukum newton / Frida Setia Tarisalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas asesmen formatif menggunakan soal isomorfik disertai feedback untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi hukum newton / Frida Setia Tarisalia</p>

Tarisalia, Frida Setia (2023) Efektivitas asesmen formatif menggunakan soal isomorfik disertai feedback untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi hukum newton / Frida Setia Tarisalia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas asesmen formatif dengan menggunakan soal isomorfik disertai feedback untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah salah satu kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Singosari dengan jumlah 36 siswa yang telah menempuh materi Hukum Newton. Setiap sampel melaksanakan pretest dan posttest untuk mengetahui pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah dikenai perlakuan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon dan N-gain karena data tidak terdistribusi normal tetapi homogen. Uji Wilcoxon mendapatkan hasil p-value 0.00 ( lt 0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah menggunakan asesmen formatif menggunakan soal isomorfik disertai feedback dengan berbantuan media Powerpoint. Hasil uji N-gain didapatkan nilai 0.80 yang artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan kategori peningkatan yang tinggi (N-gain gt 0.70). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan antara pemahaman konsep siswa dalam materi Hukum Newton sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa pemberian asesmen formatif disertai feedback menggunakan soal isomorfik berbantuan media Powerpoint dengan efektivitas peningkatan pemahaman konsep pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286153

Actions (login required)

View Item View Item