Pengaruh model pembelajaran probing-prompting disertai pictorial riddle terhadap keterampilan memecahkan masalah peserta didik Kelas xi IPA pada materi suhu dan kalor / Afnani Nailah Ma\'rufi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran probing-prompting disertai pictorial riddle terhadap keterampilan memecahkan masalah peserta didik Kelas xi IPA pada materi suhu dan kalor / Afnani Nailah Ma\'rufi</p>

Ma'rufi, Afnani Nailah (2023) Pengaruh model pembelajaran probing-prompting disertai pictorial riddle terhadap keterampilan memecahkan masalah peserta didik Kelas xi IPA pada materi suhu dan kalor / Afnani Nailah Ma\'rufi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting disertai pictorial riddle terhadap keterampilan memecahkan masalah peserta didik kelas XI IPA pada materi suhu dan kalor. Sampel diambil secara nonprobably sampling dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik dari kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang sejumlah 36 peserta didik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain penelitian embedded experimental model. Data diperoleh dari pretest-posttest angket wawancara dan lembar observasi yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil pretest-posttest dianalisis uji beda yang diperoleh adanya perbedaan secara signifikan. Berdasarkan perolehan N-gain score menunjukkan adanya peningkatan keterampilan memecahkan masalah pada peserta didik dengan kategori tinggi setiap indikator pemecahan masalah Heller juga mengalami peningatan dengan kategori tinggi dan sedang. Selain itu berdasarkan perolehan d-effect size yang kuat dari pembelajaran tersebut. Perolehan angket dan lembar observasi dianalisis secara kuantitatif dimana hasil angket menunjukkan peserta didik merasakan pengaruh dari pembelajaran yang terlaksana sesuai dengan RPP. Hasil wawancara dianalisis secara kualitatif begitu pula dengan jawaban pretet-posttest peserta didik yaitu dengan cara dikelompokkan (tabulasi silang).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286151

Actions (login required)

View Item View Item