Yuliana Tri Wulandari (2009) Kesiapan guru program keahlian administrasi perkantoran dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisnis dan manajemen se-kota Malang / Yuliana Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seiring dengan perubahan kurikulum di bidang pendidikan dan perkembangan di berbagai aspek kehidupan serta tingginya tingkat persaingan disegala bidang menuntut dunia pendidikan di Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas lulusannya. Salah satu upaya yang di lakukan oleh pemerintah dalam merespon hal tersebut adalah perbaikan dan pergantian kurikulum yaitu dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) digantikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam menerapkan KTSP ini sangat ditentukan oleh pemahaman dan kesiapan para guru sebab tanpa adanya pemahaman dan kesiapan yang benar dari guru KTSP ini tidak mungkin akan berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sosialisasi KTSP pemahaman guru tentang KTSP mendeskripsikan kesiapan guru mata pelajaran program keahlian Administrasi Perkantoran dalam mengimplementasikan KTSP dan mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi guru program keahlian Administrasi Perkantoran dalam mengimplementasikan KTSP di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berusaha untuk mengungkap sosialisasi KTSP mengungkap pemahaman guru program keahlian Administrasi Perkantoran tentang KTSP mengungkap kesiapan guru program keahlian Administrasi Perkantoran dalam mengimplementasikan KTSP dan mengungkap masalah-masalah yang dihadapi guru program keahlian Administrasi Perkantoran dalam mengimplementasikan KTSP. Populasi sekaligus sampel dari penelitian ini seluruh guru program keahlian Administrasi Perkantoran yang tersebar di 10 SMK Negeri dan Swasta di Kota Malang yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi KTSP bagi guru program keahlian Administrasi Perkantoran di 10 SMK Negeri dan Swasta di Kota Malang dipersepsikan baik hal ini di sebabkan karena adanya sosialisasi melalui pemberian informasi secara personal baik dari kepala sekolah maupun teman sesama guru. Kemudian dari kepala sekolah dan teman sesama guru informasi tersebut diteruskan kepada guru yang ada di sekolah masing-masing. Lebih jauh mengenai hal ini kepala sekolah juga berupaya untuk mengirimkan beberapa guru untuk mengikuti seminar atau lokakarya yang membahas tentang KTSP. Sedangkan pemahaman guru program keahlian Administrasi Perkantoran tentang KTSP dipersepsikan baik hal ini disebabkan karena guru telah memperoleh informasi tentang KTSP dari bebagai media diantaranya buku koran majalah televisi internet radio maupun seminar atau lokakarya tentang KTSP. Kesiapan guru program keahlian Administrasi Perkantoran dalam mengimplementasikan KTSP dipersepsikan siap hal ini disebabkan guru-guru program keahlian Administrasi Perkantoran sudah mempersiapkan secara konkrit perangkat pembelajaran sesuai dengan KTSP meski sebagian guru ada yang belum mempersiapkan perangkat pembelajaran. Masalah-masalah yang dihadapi guru program keahlian Administrasi Perkantoran sebagian besar adalah terbatasnya media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada instansi yang terkait baik pengembang KTSP di tingkat pusat (Depdiknas) dan lebih khusus lagi Dinas Pendidikan Kota Malang untuk meninjau kembali sosialisasi KTSP yang sudah dilaksanakan baik dari segi kualitas maupun dari segi kuantitas. Salah satunya adalah lebih menekankan sosialisasi secara khusus dan konkrit pada program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28615 |
Actions (login required)
View Item |