Pengembangan e-book berbasis kontekstual sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas x mipa sman 1 lawang pada materi gerak lurus / Yohana Theresia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book berbasis kontekstual sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas x mipa sman 1 lawang pada materi gerak lurus / Yohana Theresia

Theresia, Yohana Theresia (2023) Pengembangan e-book berbasis kontekstual sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas x mipa sman 1 lawang pada materi gerak lurus / Yohana Theresia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis kontekstual pada materi gerak lurus disertai dengan soal berbasis pemecahan masalah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 35 siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian R amp D yang menggunakan metode penelitian 4D (Define Design Develop Disseminate) dengan alasan 4D cocok digunakan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran berupa buku digital. Data diperoleh melalui hasil validasi oleh validator materi dan media angket respon oleh praktisi lapangan dan uji keterbacaan oleh siswa yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator pemecahan masalah yang digunakan pada penelitian ini adalah Indikator Polya yang diintegrasikan dengan inovasi berupa uraian materi yang dikemas secara konstekstual sehingga akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Dari uji validasi menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan memperoleh kriteria validasi materi dengan persentase 91% sehingga produk dikategorikan sangat layak dari segi materi. E-Book memperoleh kriteria validasi media dengan persentase 97% dengan kategori sangat layak dari segi media. Berdasarkan angket respon yang diisi oleh guru pengampu Fisika SMAN 1 Lawang menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan mendapat persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat layak digunakan dalam proses KBM menggunakan langkah pemecahan masalah. Dari uji keterbacaan produk diperoleh kriteria keterbacaan dengan persentase 84% yang artinya e-book dengan kategori sangat terbaca dan mendapatkan respon baik dari siswa untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286148

Actions (login required)

View Item View Item