Pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri I Lumajang) / Panca Ratna Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri I Lumajang) / Panca Ratna Kurniasari

Panca Ratna Kurniasari (2008) Pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri I Lumajang) / Panca Ratna Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia bermacam-macam salah satunya adalah SMK yang memiliki konsentrasi ilmu Bisnis dan Manajemen. Pada SMK ini terdapat beberapa program keahlian diantaranya adalah program keahlian Penjualan program keahlian Administrasi Perkantoran program keahlian Akuntansi program keahlian Multi Media program keahlian Teknik Komputer Jaringan. Tercapainya tujuan pendidikan haruslah memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar salah satunya adalah fasilitas pengajaran. Apabila fasilitas pengajaran lengkap maka siswa akan lebih mudah dalam menerima materi pelajaran. Salah satu masalah yang harus mendapat perhatian guru adalah apakah proses belajar mengajar itu sudah didukung oleh fasilitas yang memadai atau belum. Oleh karena itu sekolah harus menyediakan fasilitas pengajaran dan kondisi yang kondusif untuk berlangsungnya proses belajar mengajar. Selain fasilitas pengajaran motivasi belajar siswa juga penting guna mencapai tujuan pembelajaran. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan dari kegiatan dan dapat memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai. Motivasi belajar dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik berasal dari dalam diri siswa itu sendiri sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar diri siswa salah satunya fasilitas pengajaran. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari persepsi tentang fasilitas pengajaran (X1) dan motivasi belajar (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian Administrasi Perkantoran yang terdiri dari 234 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 program keahlian Administrasi Perkantoran yang terdiri dari 70 siswa. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode (1) Angket untuk memperoleh data mengenai persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar siswa (2) Dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar siswa kelas 2 program keahlian Administrasi Perkantoran yang berupa raport kelas 1. penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik Inferensial yang membahas uji asumsi klasik regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 13 0 for Windows. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi tentang fasilitas pengajaran siswa kelas 2 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lumajang pada tingkat baik (2) motivasi belajar siswa kelas 2 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lumajang pada tingkat baik (3) prestasi belajar siswa kelas 2 program keahlian Administrasi perkantoran pada tingkat baik. (4) penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi tentang fasilitas pengajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lumajang. (5) pengaruh persepsi tentang fasilitas pengajaran (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lumajang sebesar 51% dan sisanya 49% disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi SMK Negeri 1 Lumajang untuk memberikan perbaikan dan penambahan fasilitas pengajaran untuk memperlancar proses belajar mengajar serta memaksimalkan penggunaan fasilitas pengajaran secara optimal agar tidak merasa bosan dengan materi yang diberikan guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Saran untuk siswa hendaknya memotivasi diri agar dapat belajar dengan baik sehingga dapat memperoleh prestasi yang optimal salah satunya dengan adanya fasilitas yang lengkap seharusnya siswa lebih semangat lagi dalam belajar dan siswa juga ada kemauan untuk belajar yang lebih baik lagi. Adanya peran aktif dari semua lembaga terkait terutama pihak sekolah pengawas pemerintah dalam mendorong memotivasi dan memfasilitasi sekolah khususnya siswa SMK Negeri 1 Lumajang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga mampu memenuhi tuntutan dunia usaha. Adanya peran aktif dari semua lembaga terkait terutama pihak sekolah pengawas pemerintah dalam mendorong memotivasi dan memfasilitasi sekolah khususnya siswa SMK Negeri 1 Lumajang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga mampu memenuhi tuntutan dunia usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item View Item