Murtyas Galuh Danawati (2009) Implementasi pembelajaran kontekstual model role playing guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran merencanakan dan melakukan pertemuan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas 2 APK 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menghadapi tata dunia global yang saling bertautan antara satu negara dengan negara lainnya diperlukan suatu perubahan secara menyeluruh terutama di bidang pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja karena pendidikan adalah kehidupan itu sendiri yang akan tumbuh dan berkembang seiring perubahan itu sendiri dalam peradaban manusia. Warna dari perubahan itu berawal dari proses pendidikan yang di dalamnya ada kegiatan transformatif berupa belajar mengajar kegiatan ini bertujuan dapat membekali peserta didik berinteraksi dengan lingkungan kehidupannya. Kurikulum berbasis kompetensi merupakan salah satu program pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat bangsa dalam penguasaan ilmu dan teknologi. Kurikulum tersebut diharapkan mampu memecah berbagai persoalan bangsa terutama di bidang pendidikan. Pendekatan kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas. Dengan konsep tersebut diharapkan proses pembelajaran bukan merupakan kegiatan transfer pengetahuan dari guru melainkan siswa mengalami sendiri apa yang dipelajari. Strategi pembelajaran ini lebih mementingkan hasil belajar dari pada proses. Pendekatan kontekstual dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam suatu situasi. Guru sebagai salah satu subyek pendidikan yang berinteraksi langsung dan bersifat kontinuitas dengan peserta didik maka guru bertanggung jawab dalam mensukseskan pendidikan dalam konteks meningkatkan kualitas peserta didik. Sebagai upaya menuju meningkatkan kualitas peserta didik guru berkompenten memilih dan memilah metode dan model pembelajaran karena hal tersebut berimplikasi pada proses kegiatan belajar mengajar yang selalu menuntut arah transformasi kedua belah pihak baik guru dan peserta didik maupun penguasaan materi dan kompetensi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual model role playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebagai lokasi penelitian peneliti memilih meneliti siswa keahlian administrasi perkantoran kelas 2 APk 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan siklus II ditempuh selama enam kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pertemuan etika rapat dan gaya komunikasi teknik membuka dan menutup rapat teknik memimpin rapat teknik bertanya dan mengajukan pendapat tata tertib rapat serta notula rapat. Subjek penelitian ini adalah siswa keahlian administrasi perkantoran kelas 2 APk 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang terdiri dari 38 orang. Data yang diperoleh meliputi pengelolaan pembelajaran guru penilaian kinerja kelompok hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif afektif dan psikomotorik respon peserta didik dan guru terhadap proses pembelajaran. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar observasi catatan lapangan wawancara angket tes pengamatan partisipan dan dokumentasi. Pada penelitian ini dibagi menjadi empat tahap kegiatan pertama peneliti bersama guru bidang studi menentukan topik pembahasan yaitu mengenai penyelengaraan pertemuan dengan membentuk kelas menjadi empat kelompok dari 38 orang peserta didik. Kedua Perencanaan kegiatan belajar role playing dilaksanakan oleh peneliti bersama peserta didik. Ketiga Merencanakan kerjasama dalam menyelesaikan tugas merupakan bagian terpenting untuk melibatkan setiap anggota kelompok dalam menyelesaikan tugas. Keempat melakukan diskusi kelompok dilaksanakan setelah permainan peranan telah selesai. Hasil penelitian ini terbukti pada siklus I terjadi kenaikan jumlah rata-rata yang signifikan antara pre-test dengan post-test. Rata-rata perbandingannya 58 95 68 16. Sedangkan siklus II terjadi kenaikan ketika pre-test dengan post-test. Rata-rata perbandingannya 63 39 75 42. Begitu juga terjadi kenaikan rata rata kinerja peserta didik antara siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata sebesar 78 75 80 25. Rata- rata tersebut menjelaskan pada dua subyek pelaku satu sisi respon peserta didik dan sisi lain respon guru bidang studi. Pertama respon peserta didik terhadap pembelajaran kontekstual model role playing sangat positif. Hal ini dikarena menuntut siswa aktif serta kreatif sehingga proses pembelajaran tidak membosankan serta dapat melatih keberanian dan meningkatkan rasa percaya diri. Kedua respon senang juga diungkapkan oleh guru bidang studi sekaligus observer. Proses pembelajaran pada mata pelajaran merecanakan dan melaksanakan pertemuan bisa berjalan dengan lancar dengan menggunakan pembelajaran model role playing karena siswa memiliki kesempatan yang luas untuk mengaktualisasikan diri. Selain itu dengan bermain peran peserta didik akan lebih mudah untuk mengingat pengalamannya yag berkaitan dengan materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah pertama bagi guru yaitu pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model role playing dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktek pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kedua bagi sekolah yaitu perlu adanya sarana prasarana yang menunjang bagi keberhasilan proses belajar untuk keefektifan penerapan pembelajaran kontekstual model role playing Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan pembelajaran kontekstual model roleplaying dengan menggunakan kompetensi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |