Pengaruh faktor intern dan ekstern terhadap prestasi belajar mata diklat mengetik manual siswa kelas 1 SMK PGRI 6 Malang / Tantina Kurnia Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor intern dan ekstern terhadap prestasi belajar mata diklat mengetik manual siswa kelas 1 SMK PGRI 6 Malang / Tantina Kurnia Dewi

Tantina Kurnia Dewi (2009) Pengaruh faktor intern dan ekstern terhadap prestasi belajar mata diklat mengetik manual siswa kelas 1 SMK PGRI 6 Malang / Tantina Kurnia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan formal yang mencetak lulusan siap kerja adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebab siswa dibekali teori sekaligus praktik agar siswa mampu mengimpletasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari teori. Kemampuan siswa dalam mengimpletasikan pengetahuan dan keterampilannya tercermin dalam prestasi belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK PGRI 6 Malang yang berupa nilai tes formatif ada dua yaitu faktor intern (individual) dan faktor ekstern (sosial) (Purwanto 2000 102). Faktor intern berupa minat belajar dan kebiasaan belajar sedangkan faktor ekstern berupa fasilitas belajar lingkungan belajar dan kemajuan tekhnologi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi faktor intern faktor ekstern prestasi belajar siswa dan kaitan ketiga variabel tersebut baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian yang digunakan yaitui deskriptif korelasional dengan metode ex post facto. Variabel bebas penelitian ini adalah faktor intern (X ) dan faktor ekstern (X ). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang tidak menggunakan sampel sebab subyek penelitian ini kurang dari 100 orang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I APK K SMK PGRI 6 Malang yang terdiri dari dua kelas yaitu I APK dan I APK Tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 86 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket/ kuesioner dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data variabel bebas yaitu faktor intern (X ) dan faktor ekstern (X ) sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) yang berupa nilai tes formatif mata diklat mengetik manual. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran faktor intern faktor ekstern dan prestasi belajar. Sedangkan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Analisis persentase dari 86 siswa menunjukkan bahwa sebesar 37 2% memperoleh prestasi belajar dengan kategori cukup pada mata diklat mengetik manual. Sebesar 54 7% masuk kategori baik pada faktor intern dan faktor ekstern sebesar 61 6% masuk kategori baik. Analisis regresi linier berganda dengan menggunakan taraf kesalahan 5% secara parsial dapat diketahui bahwa variabel faktor intern (X ) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dan variabel faktor ekstern (X2) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Dari uji regresi linier berganda juga diketahui bahwa variabel faktor intern dan faktor ekstern secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas I APK SMK PGRI 6 Malang pada mata diklat mengetik manual. Hal ini dibuktikan dengan signifikan F sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item