Pengaruh fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran kelas I dan II di SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun diklat 2006-2007 / Pujiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran kelas I dan II di SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun diklat 2006-2007 / Pujiati

Pujiati (2009) Pengaruh fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran kelas I dan II di SMK BM Ardjuna 2 Malang tahun diklat 2006-2007 / Pujiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan fasilitas yang mencukupi kebutuhan belajar siswa. Hal ini digunakan untuk menunjang praktik siswa yang telah diberi teori oleh guru dalam kelas. Sedangkan motivasi belajar juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Variabel bebas dari penelitian ini terdiri dari fasilitas pembelajaran (X1) motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini berjumlah 56 orang denga sampel yang digunakan 50 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner raport siswa dan observasi. Analisa data yang digunakan dengan menggunakan regresi berganda dengan program SPSS versi 12. Dari hasil penelitian adalah sebagai berikut. Analisis persentase dari 50 siswa menunjukkan sebesar 86% memperoleh prestasi belajar dengan kategori cukup pada seluruh matadiklat. Sebesar 52% dalam kategori kurang memenuhi kebutuhan belajar siswa pada fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar sebesar 54% dikategorikan rendah. Analisis regresi linier berganda dengan menggunakan taraf kesalahan 5% secara parsial dapat diketahui bahwa variabel fasilitas pembelajaran (X1) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini terlihat dari nilai signifikansi t variabel fasilitas pembelajaran adalah 0 003 yang mana angka tersebut lebih besar dari 0 05 sedangkan terdapat hubungan secara parsial yang kecil ini dilihat dari Nilai thitung untuk variabel X1 bernilai 3 116 sedangkan ttabel sebesar 2 010. Variabel motivasi belajar (X2) juga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini terlihat dari nilai signifikansi t variabel fasilitas pembelajaran adalah 0 000 angka tersebut lebih besar dari 0 05. Hubungan secara parsial dari motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai thitung untuk variabel X1 bernilai 4 482 sedangkan ttabel sebesar 2 010. Dari uji regresi linier berganda diketahui bahwa variabel fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran Kelas I dan II di SMK BM Ardjuna 2 Malang. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi F sebesar 0 000 0 05 dengan nilai Fhitung 26 547 nilai koefisien regresi (Multiple R) 0 728 dan nilai koefisien determinasi 0 530. Disimpulkan bahwa variabel X 1 (fasilitas pembelajaran) dan variabel X2 (motivasi belajar) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui peningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pengajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item View Item